Menikmati Panorama 8 Gunung dan Golden Sunrise di Puncak Bukit Sikunir, Keren Deh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 406 2253419 menikmati-panorama-8-gunung-dan-golden-sunrise-di-puncak-bukit-sikunir-keren-deh-dJQKTO3tpS.jpg Bukit Sikunir. (Foto: Dimas/Okezone)

DESTINASI wisata dataran tinggi Dieng punya spot terbaik untuk menikmati sunrise. Namanya Bukit Sikunir.

Objek wisata Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sejak beberapa tahun terakhir, tempat ini memang menjadi salah satu obek wisata favorit wisatawan ketika berlibur ke Dieng.

sikunir

Baca Juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

Bukan tanpa alasan, Bukit Sikunir tak hanya menyuguhkan panorama sunrise yang spektakuler, tetapi juga menawarkan sensasi mendaki yang menarik untuk dijajal.

Ya, untuk sampai ke puncak Bukit Sikunir, wisatawan memang harus melewati medan pendakian yang dipenuhi jalur-jalur trekking menanjak. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk sampai di puncaknya.

Menurut penjelasan Rizki Ariyanto, selaku Co-Founder Piknik Nusantara, wisatawan disarankan untuk memulai pendakian pada pukul 04.00 WIB. Pasalnya, sunrise akan muncul sekitar pukul 05.20 WIB.

"Sebaiknya memang bersiap dari pukul 04.00 WIB, karena proses pendakian kan membutuhkan waktu juga. Dan biasanya tidak semua wisatawan mampu untuk mencapai puncaknya," kata Rizki saat ditemui Okezone di kawasan Bukit Sikunir, Minggu 26 Juli 2020.

Kendati demikian, Rizki mengatakan bahwa di Bukit Sikunir sebetulnya ada 3 spot untuk menikmati momen matahari terbit atau sunrise. Spot pertama tak jauh dari pintu masuknya, atau biasa disebut juga dengan istilah bukit pertama.

sikunir

Dari tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan terbitnya matahari secara penuh dan utuh dengan hamparan awan yang seolah membatasi antara desa tertinggi dengan desa-desa yang ada dibawahnya. Jadi jangan heran bila Bukit Sikunir juga dijuluki Negeri Di Atas Awan.

Spot kedua adalah bukit kedua yang biasa digunakan oleh para photografer untuk mengabadikan golden sunrise dengan foreground gazebo dibukit pertama dan back ground Gunung Sindoro Sumbing.

Spot ketiga adalah bukit ketiga yang berada ditempat tertinggi. Dari lokasi ini wisatawan akan mendapatkan dua arah pemandangan yang sama-sama menakjubkan.

Di arah barat, wisatawan dapat menyaksikan telaga cebong, dan 8 deretan gunung yang mengelilingi Bukit Sikunir. Kedelapan gunung itu antara lain Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, bahkan Gunung Merapi.

Jadi meski medan trekking dipenuhi tanjakan, namun sesampainya di puncak, rasa lelah akan terbayarkan oleh pemandangan sinar mentari pagi yang memesona.

Jangan lupa mengenakan pakaian hangat dan sarung tangan, mengingat suhu udara di tempat ini sangat dingin. Bawa pula camilan dan air mineral untuk mengembalikan stamina yang terkuras saat trekking

Perlu diketahui, di era new normal ini Bukit Sikunir hanya dapat disambangi oleh wisatawan asal Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pihak pengelola juga telah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, termasuk membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

"1 Agustus nanti Bukit Sikunir resmi dibuka kembali, tapi untuk warga Jakarta dan dari luar Jawa Tengah masih harus bersabar," tutup Rizki.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini