Idul Adha di Zona Merah, Petugas Penyembelih Wajib Pakai APD

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253228 idul-adha-di-zona-merah-petugas-penyembelih-wajib-pakai-apd-n2umqLQ0Ik.jpg Ilustrasi. (Okezone)

IDUL Adha tinggal hitungan hari, tepatnya pada Jumat, 31 Juli 2020. Persiapan pemotongan hewan kurban pun sudah dilakukan mulai dari sekarang.

Karena kondisi pandemi Covid-19, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan baru terkait dengan proses pemotongan hewan kurban. Ini dilakukan agar momen Idul Adha tidak menjadi klaster penyebaran virus corona.

Baca Juga: 4 Objek Wisata Dieng Ini Enggak Kalah Cantik dari Bukit Sikunir

Salah satunya adalah mengimbau agar pemotongan hewan kurban di zona merah Covid-19 tidak dilakukan di area masjid, melainkan di rumah potong hewan. Sekali lagi, ini dilakukan agar meminimalisir penyebaran virus corona.

apd

"Kami mengimbau agar penyembelihan hewan kurban di area zona merah dilakukan bukan di sekitar masjid, melainkan di rumah potong hewan," kata drh. Syamsul Ma'arif, M.Si, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian, di diskusi BNPB, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Tidak hanya itu, disarankan juga agar saat memotong hewan kurban, petugas pemotong hewan menggunakan satu alat potong untuk satu hewan kurban. Setelah itu, alat langsung dibersihkan dari darah atau kotoran yang menempel.

Di sisi lain, dr. Riskiyana, S. Putra, M.Kes, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan menambahkan, petugas penyembelihan wajib menggunakan alat pelindung diri yang lengkap.

Lalu, setelah hewan kurban sudah dipotong, segera dibungkus dan panitia membagikannya langsung ke rumah-rumah warga, bukan dibagikan di lokasi penyembelihan.

"Ini dilakukan agar area penyembelihan hewan kurban tidak dipadati masyarakat. Sebab, saat pandemi ini, jaga jarak aman masih menjadi protokol kesehatan yang harus dijalankan semua masyarakat," tambah dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini