Agar Tak Bawa Penyakit ke Rumah Usai Beli Hewan Kurban, Lakukan 3 Langkah Ini Ya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253234 agar-tak-bawa-penyakit-ke-rumah-usai-beli-hewan-kurban-lakukan-3-langkah-ini-ya-ouVHZYhHr8.jpg Ilustrasi. (Foto: Timesofindia)

BANYAK dari Anda kini mulai mencari hewan kurban untuk disembelih saat Idul Adha, Jumat 31 Juli 2020. Bukan hanya bekal informasi hewan seperti apa yang sepatutnya dibeli, tetapi di tengah pandemi Covid-19 ini, Anda mesti tahu langkah apa yang harus dilakukan usai membeli hewan kurban.

Ya, lokasi Anda membeli hewan kurban tergolong dalam area umum, yang mana ada kemungkinan terpapar virus corona. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjamin pulang ke rumah usai membeli hewan kurban dengan sehat.

Diterangkan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Riskiyana, S. Putra, M.Kes, ada beberapa langkah yang mesti Anda lakukan agar tidak membawa penyakit dari tempat beli hewan kurban ke rumah. Apa saja?

Baca Juga: Maria Vania Ajari Ibu Hamil Senam, Dijamin Kamu Ikut Keringetan

1. Lepas baju

cuci baju

Sama seperti pulang ngantor, Anda diminta untuk melepas pakaian. Ini dilakukan agar Anda tidak mentransfer virus atau bakteri yang mungkin menempel di baju atau celana Anda ke barang-barang yang ada di rumah.

2. Segera mandi

mandi

Jangan tunda-tunda lagi, segeralah mandi. Pastikan Anda mandi bersih dengan sabun dan sampo setelah membeli hewan kurban. Dengan mandi bersih, Anda dapat menjamin tubuh bersih dari virus atau bakteri penyebab penyakit.

3. Bersihkan kacamata atau ponsel

"Jika Anda datang ke tempat beli hewan kurban dengan menenteng ponsel atau menggunakan kacamata, disarankan untuk membersihkan benda tersebut karena benda itu memiliki kemungkinan terpapar langsung virus corona," terang dr Risky saat diskusi di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Di momen itu pun dr Risky menerangkan terkait dengan proses membeli hewan. Dia meminta agar masyarakat selalu menjalankan protokol kesehatan, pun para penjual hewan kurbannya.

"Jangan pernah malas untuk selalu melakukan tindakan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Upaya ini yang bisa mencegah Anda terinfeksi Covid-19," tambah dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini