5 Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Depresi Lho, Simak Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253323 5-makanan-ini-bisa-bantu-cegah-depresi-lho-simak-yuk-zNWfPjyDy1.jpg Makan apel bantu cegah depresi (Foto : Boldsky)

Depresi adalah penyakit mental serius yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari si penderita. Ini dapat terjadi pada siapa saja karena berbagai penyebab, seperti riwayat keluarga, kelainan bentuk otak, trauma masa kecil, kondisi medis, masalah ekonomi atau masalah hubungan.

Pola makan yang baik dapat berdampak signifikan pada gejala depresi dan membantu mengelolanya. Meskipun tindakan medis dan konseling adalah metode terbaik untuk mengelola depresi, mengubah pola makan juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan individu dalam jangka panjang.

Melansir Boldsky pada Selasa (28/7/2020), berikut 5 makanan yang dapat membantu melawan depresi.

Apel

Apel

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran memiliki hubungan protektif terhadap masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, perubahan suasana hati dan tekanan.

Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah apel, itu sebabnya buah ini dapat membantu melawan depresi. Anda bisa mengonsumsi apel dalam bentuk salad, yoghurt, atau oatmeal.

Baca Juga : Ada Karyawan Positif Covid-19 di Kantormu, Tracing Rapid Test Aja Enggak Cukup!

Pisang

Wanita mungkin lebih rentan terhadap depresi daripada pria karena perubahan hormon ovarium dan faktor lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi pisang yang tinggi menunjukkan dampak positif pada penurunan gejala depresi pada wanita, dibandingkan dengan pria.

Pisang kaya akan kalium dan antioksidan. Buat Anda yang ingin mengonsumsi pisang, Anda bisa membuatnya ke dalam bentuk smoothie, milkshake, muffin, atau cukup memakan buah pisang itu sendiri.

Semangka

Semangka adalah makanan kaya antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Ini mengandung dua antioksidan utama, yakni vitamin C dan likopen yang melindungi sel-sel otak dan menunda timbulnya penyakit degeneratif seperti demensia.

Vitamin B6 dalam semangka juga membantu meningkatkan fungsi otak. Karenanya, semangka bisa menjadi makanan yang baik yang membantu dalam depresi. Anda bisa membuatnya menjadi jus ataupun memotongnya dan menyajikannya dalam piring buah.

Semangka

Brokoli

Ketidakseimbangan nutrisi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan depresi. Brokoli kaya akan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, kalium, serat dan banyak lagi.

Karenanya, brokoli mungkin memainkan peran kecil tetapi penting dalam mencegah depresi. Caranya, siapkan sayuran dengan menambahkan brokoli ke dalam sup Anda.

Labu

Labu memiliki efek menenangkan pada kesehatan mental. Kandungan magnesium, serat dan antioksidan yang terkandung dalam labu dapat membantu regulasi neurotransmitter, mengurangi degenerasi otak dan mengatasi masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan mood dan stres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini