Hari Hepatitis Sedunia, Kenali 6 Gejala Hepatitis yang Sering Tak Disadari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253352 hari-hepatitis-sedunia-kenali-6-gejala-hepatitis-yang-sering-tak-disadari-YkXaOhv23R.jpg Kenali gejala umum hepatitis (Foto : Boldsky)

Setiap 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. World Hepatitis Day diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, termasuk soal gejala.

Hepatitis biasanya merupakan kondisi peradangan pada organ hati. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyebabkan hepatitis. Selain itu, obat-obatan, racun, dan alkohol dapat menjadi faktor penyebab penyakit hepatitis.

Hepatitis terbagi menjadi beberapa jenis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A merupakan penyakit akut yang bisa disembuhkan. Namun, hepatitis B, C, dan D merupakan penyakit akut yang berkelanjutan. Hepatitis E dapat berbahaya bagi wanita hamil.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui gejala umum bila terkena hepatitis. Karena, gejala hepatitis sering tidak disadari, kecuali mungkin mata dan kulit yang menguning. Dikutip dari Healthline, berikut 6 gejala umum hepatitis :

Mirip flu

Flu

Gejala mirip flu seperti demam, nyeri pada tubuh, dan kelelahan yang tak kunjung sembuh. Biasanya gejala flu ini akan terjadi selama 4 hari sampai 2 minggu.

Baca Juga : 5 Pose Dokter Gigi Cantik Nina Agustin Tanpa Baju APD Fashionable, Kece Lho

Warna urine yang gelap

Umumnya, urine seseorang berwarna kuning pucat. Apabila warna urine berubah warna menjadi gelap seperti coklat, kuning tua bahkan merah harus Anda waspadai. Urine yang gelap dapat mengindikasikan penyakit hati karena bercampurnya cairan empedu dengan urine.

Kotoran berwarna pucat

Kotoran biasanya berwarna coklat. Apabila kotoran anda berwarna pucat mungkin Anda memiliki masalah pada sistem pembuangan yang terdiri dari usus besar, empedu, hati dan pankreas.

Mata dan kulit yang kuning

Penyakit kuning adalah istilah medis yang menyebabkan kulit dan mata berubah warna jadi kuning. Penyakit kuning terbentuk ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak Bilirubin. Bilirubin adalah pigmen kuning yang diciptakan dari pemecahan sel darah merah. Biasanya, hati akan menyingkirkan bilirubin.

Penurunan Berat Badan

Penurunan nafsu makan atau istilah medisnya adalah anoreksia dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu gejala hepatitis. Selalu periksa ke dokter jika berat turun drastis tanpa sebab jelas. 

nimbang berat badan

Kelelahan

Kelelahan merupakan kekurangan energi yang membuat anda sering merasa mengantuk. Kurangnya olahraga dan pola makan yang buruk akan membuat Anda cepat lelah. Istirahat yang cukup dan makanan sehat dengan nutrisi yang baik akan menyembuhkan rasa lelah.

Namun, apabila sudah istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat rasa lelah Anda tak kunjung sembuh, hati-hati mungkin itu adalah gejala hepatitis. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini