Ada Pasien Positif Covid-19 di Dekatmu, Apa Saja yang Perlu Disinfeksi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253375 ada-pasien-positif-covid-19-di-dekatmu-apa-saja-yang-perlu-disinfeksi-eTV32UZIh9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PASIEN positif Covid-19 bisa ada di mana saja. Baik itu di lingkungan rumah, di tempat kerja, serta di area publik lainnya.

Bila ada seseorang yang dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19, ada sederet tindakan pencegahan penularan yang dilakukan. Seperti tindakan yang sering dipilih orang adalah melakukan disinfeksi.

Ternyata bila ada seseorang yang terindikasi positif Covid-19, maka tindakan pencegahan penularan dengan cara disinfeksi perlu untuk dilakukan.

Dilansir Okezone dari Newsmedical, Selasa (28/7/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC telah memberikan garis besar untuk pencegahan penyebaran infeksi.

Baca Juga: Ada Karyawan Positif Covid-19 di Kantormu, Tracing Rapid Test Aja Enggak Cukup!

disinfektan

CDC menyatakan, membersihkan permukaan yang tampak kotor diikuti dengan disinfeksi adalah tindakan terbaik untuk pencegahan Covid-19.

Pedoman baru ini adalah rekomendasi untuk membersihkan dan mendisinfeksi rumah orang yang diduga atau orang yang telah dinyatakan positif Covid-19 atau mereka yang berada di bawah isolasi yang ditentukan sendiri.

Pedoman menyatakan bahwa pembersihan mengacu pada pembersihan kotoran, kotoran serta kuman dari permukaan. Membersihkan hanya menghilangkan kuman tanpa membunuh mereka. Sementara disinfeksi membunuh kuman di permukaan tetapi mungkin tidak membersihkan permukaan yang kotor.

Disinfeksi yang dilakukan setelah pembersihan kabarnya dapat mencegah penyebaran infeksi. Adapun beberapa tempat yang harus didisinfeksi meliputi.

1. Pembersihan dan disinfektan semua permukaan yang sering disentuh, termasuk gagang pintu, sakelar, keran, gagang, pagar, toilet, wastafel, meja, kursi, remote, dll. Ini perlu dilakukan menggunakan desinfektan terdaftar yang direkomendasikan untuk permukaan.

2. Kamar tidur dan kamar mandi untuk penggunaan orang dengan Covid-19 perlu perawatan khusus tentang pembersihan dan disinfeksi.

3. Jika kamar mandi dan toilet digunakan bersama di seluruh rumah tangga, mereka harus didesinfeksi setiap kali setelah orang sakit menggunakannya.

4. Sarung tangan harus dikenakan, dan pembersihan harus dilakukan dengan ventilasi yang tepat. Sarung tangan harus dibuang setelah digunakan. Tangan harus dicuci setelah membuang sarung tangan.

5. Pembersihan semua permukaan dengan sabun dan air harus dilakukan sebelum desinfeksi.

6. Solusi desinfeksi yang digunakan harus meliputi pemutih, dan cairan berbasis alkohol 70 persen. Larutan pemutih encer perlu digunakan, dan pemutih tidak boleh dicampur dengan amonia.

Semua instruksi dari produsen harus diikuti dengan hati-hati. Pengenceran pemutih bisa berupa lima sendok makan atau sepertiga cangkir dalam satu galon air atau empat sendok teh pemutih per liter air, sesuai rekomendasi CDC.

disinfektan

7. Untuk permukaan lunak termasuk karpet, permadani, sofa, tirai, dll. Pembersihan harus dilakukan terlebih dahulu dengan mencuci dan membersihkan.

Barang-barang yang dapat dicuci harus dicuci sebelum dapat didesinfeksi. Temperatur harus ditetapkan pada tinggi, dan barang-barang harus dikeringkan dengan seksama setelah dicuci.

8. Semua linen, handuk, dan pakaian lain harus dicuci dengan air panas. Sarung tangan harus dikenakan saat menangani cucian kotor. Setelah memasukkannya ke dalam mesin, sarung tangan harus dibuang dengan benar.

Tangan harus dicuci dengan sabun dan air. Saat menangani cucian kotor, mereka tidak boleh diguncang atau dipindahkan banyak untuk mencegah penyebaran infeksi. Pakaian dan barang orang yang sakit dapat dicuci dengan mereka yang sehat. Namun, desinfeksi harus dilakukan untuk pakaian setelah pengeringan.

9. Kebersihan tangan harus dijaga oleh semua anggota rumah tangga dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol dapat digunakan jika tidak ada kotoran yang terlihat di tangan.

10. Tangan perlu dibersihkan setelah menggunakan toilet, sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah kontak dengan hewan peliharaan dan hewan, setelah batuk, bersin, atau meniup hidung, sebelum menyentuh bayi atau orang tua atau orang dengan gangguan kekebalan dan sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sakit.

11. Orang-orang dengan COVID-19 perlu diberi makan di kamar mereka, dan peralatan dan makanan sisa mereka perlu dibuang dengan hati-hati, dengan mengenakan sarung tangan. Peralatan untuk pasien perlu dicuci dengan air hangat menggunakan sarung tangan.

12. Tempat sampah terpisah harus ada untuk membuang sampah yang dihasilkan oleh orang yang sakit. Ini harus ditangani dengan hati-hati dan dengan tangan bersarung tangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini