Sulit Terdeteksi, WHO & WHD Gencar Skrining Hepatitis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253398 sulit-terdeteksi-who-whd-gencar-skrining-hepatitis-iYPLGvoeWc.jpg WHO dan WHD gencarkan skrining hepatitis (Foto : Shutterstock)

Hari ini, 28 Juli 2020, dirayakan sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Tema yang diusung pada perayaan kali ini ternyata berbeda antara Badan Kesehatan Dunia (WHO) dengan lembaga penyelenggara Hari Hepatitis Sedunia (WHD).

Ya, jika dilihat dari laman Worldhepatitisday.org, di sana dikatakan bahwa tema perayaan tahun ini adalah 'Find the Missing Millions' yang bermakna, perlunya digencarkan skrining terkait pasien hepatitis di tengah masyarakat.

Kita tahu bersama bahwa penyakit ini banyak diderita tanpa gejala atau dalam dunia medis disebut dengan istilah 'The Silent Killer'. Pada kasus Hepatitis B misalnya, penyakit baru diketahui setelah terjadi keparahan kondisi penyakit.

hepatitis

Karena itu, WHD mengangkat tema tersebut agar masyarakat semakin sadar akan kondisi tubuhnya sendiri, terkhusus adanya potensi virus hepatitis di dalam tubuh. Dikatakan di laman tersebut, ada 290 juta orang dengan hepatitis yang tak menyadari kondisi penyakitnya.

Baca Juga : Hari Hepatitis Sedunia, Pandemi Covid-19 Turunkan Angka Pasien Hepatitis A?

Jika tidak dicari siapa saja yang terinfeksi virus hepatitis, maka akan terus ada pasien baru dan banyak nyawa hilang setiap waktunya.

"Pada Hari Hepatitis Sedunia 2020, kami meminta orang-orang dari seluruh dunia untuk mengambil tindakan dan meningkatkan kesadaran untuk menemukan orang-orang yang tak sadar sudah terinfeksi virus hepatitis," bunyi ajakan di laman WHD

Sementara itu, WHO menggaungkan tema Hari Hepatitis Sedunia 2020 dengan tema 'Hepatitis-free future'. Kampanye ini dimaksudkan agar di masa depan tidak ada lagi pasien hepatitis.

Jika mengacu pada data WHO, terdapat 325 juta orang hidup dengan virus hepatitis B dan C dan 1,3 juta orang meninggal setiap tahunnya. Bahkan, di tengah pandemi, virus hepatitis masih menginfeksi ribuan nyawa setiap harinya.

Hepatitis

Terkait dengan target yang dicapai tahun ini, WHO ingin sekali mencegah penyebaran virus Hepatitis B di antara ibu dan bayi baru lahir. Yang mana, penyebaran vertikal ini cukup tinggi di tengah masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini