Pandemi Covid-19 Bisa Sebabkan Kecemasan, Kenali 4 Tanda Fisiknya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 481 2253555 pandemi-covid-19-bisa-sebabkan-kecemasan-kenali-4-tanda-fisiknya-usG6rgp3QV.jpg Tanda fisik gangguan kecemasan (Foto : Timesofindia)

Pandemi Covid-19 tidak hanya menyebabkan gejala fisik tetapi juga merusak kesehatan mental orang-orang di seluruh dunia. Mulai dari mereka yang sedih karena kehilangan pekerjaan, lelah mendampingi anak belajar di rumah, dan lain sebagainya.

Sama seperti sakit fisik, sakit mental pun juga ditandai oleh gejala fisik. Penyakit mental juga menunjukkan adanya gejala fisik. Melansir Times of India, Selasa (28/7/2020), berikut 4 tanda fisik gangguan kecemasan.

Mudah terkejut

Gangguan Kecemasan

Menurut Institut Kesehatan Mental Nasional, orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan sosial lebih mudah terkejut bahkan oleh hal-hal kecil sekalipun. Misalnya, mereka terkejut walau hanya mendengar suara ketukan pintu.

Gemetar

Salah satu tanda gangguan kecemasan lainnya adalah gemetar. Pikiran yang cemas dan gelisah dapat menyebabkan tubuh gemetar. Bahkan, tangan Anda juga mungkin gemetar saat sedang memegang sesuatu.

Baca Juga : 5 Pose Dokter Gigi Cantik Nina Agustin Tanpa Baju APD Fashionable, Kece Lho

Gangguan sistem pencernaan

Jika nafsu makan Anda hilang, merasa sembelit atau kembung dan bahkan mual, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda fisik dari gangguan kecemasan. Anda mungkin perlu menurunkan tingkat kecemasan untuk menjaga sistem pencernaan Anda.

Sulit konsentrasi

Salah satu gejala paling umum dari kondisi kesehatan mental, termasuk kecemasan adalah kurangnya fokus dan kesulitan berkonsentrasi. Jika Anda menderita kecemasan, mungkin dibutuhkan banyak kekuatan untuk fokus pada tugas yang sedang Anda kerjakan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini