4 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Nomor 3 Konsumsi Makanan untuk Pertumbuhan Rambut

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 611 2253611 4-cara-mengatasi-rambut-rontok-nomor-3-konsumsi-makanan-untuk-pertumbuhan-rambut-ODgBbxLqbf.jpg Merawat rambut (Foto: Thrive Global)

Rambut rontok sering jadi masalah perempuan dan pria. Sebab kebotakan merupakan hal yang paling utama harus dihindari.

Lalu apa saja yang harus dilakukan guna mengatasi rambut rontok?

penataan rambut

1. Menghindari penataan rambut yang berlebihan

Cara mengatasi rambut rontok adalah menghindari penataan rambut yang berlebih. Kurangi pemakaian pengering rambut, catokan, pewarna rambut, dan serangkaian penataan lainnya yang sangat berkontribusi pada kerusakan dan penipisan rambut.

 

2. Sampo yang dikhususkan untuk rambut tipis

Sampo untuk rambut tipis biasanya bekerja dengan dua cara. Pertama, menambah volume rambut Anda sehingga terlihat lebih tebal. Cara ini biasanya membantu orang yang memiliki rambut tipis alami. Kedua, sampo ini mengandung vitamin dan asam amino yang akan membuat kulit kepala lebih sehat sehingga mampu menghasilkan lebih banyak rambut dari waktu ke waktu.

 

3. Mengonsumsi makanan yang dapat memicu pertumbuhan rambut

Cobalah untuk memerhatikan asupan nutrisi yang Anda makan. Makan-makanan yang mengandung protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12 bisa merangsang pertumbuhan rambut. Daging tanpa lemak, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan bisa Anda sisipkan dalam menu makan dan camilan Anda sehari-hari.

 Baca juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

4. Memijat kulit kepala

Cara termudah dan termurah untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan menghentikan penipisan rambut ialah dengan memijat kulit kepala. Ketika Anda keramas, cobalah untuk memberikan sedikit pijatan saat menuangkan dan meratakan sampo dengan jari-jari Anda.

Selain membantu penyerapan sampo menjadi lebih maksimal, memijat kulit kepala Anda secara perlahan juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah di kepala. Hal ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru. Dengan memijat kulit kepala, sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang mungkin memicu penipisan rambut juga bisa terangkat.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini