Berdampak Buruk, Jangan Ucapkan 5 Hal Ini ke Anak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 196 2253948 berdampak-buruk-jangan-ucapkan-5-hal-ini-ke-anak-VMugPvZXDP.jpg Orangtua harus bijak pilih kata-kata yang diucapkan ke anak (Foto : Parents)

Sebagai orangtua, kita semua tahu bahwa kesabaran adalah kunci untuk mengasuh anak yang sehat. Tetapi terkadang karena sibuknya pekerjaan dan tekanan membuat kita sebagai orangtua menjadi kehilangan kesabaran.

Terkadang dalam situasi seperti itu, kita cenderung mengatakan hal-hal kepada anak-anak kita yang seharusnya tidak kita lakukan. Mengatakan hal-hal tertentu kepada anak-anak Anda yang mungkin Anda rasa normal, tetapi sebenarnya dapat berdampak negatif pada pikiran mereka.

Melansir Times of India, Rabu (29/7/2020), berikut adalah lima hal yang sering Anda katakan anak Anda tetapi sebenarnya tidak baik.

Cepat!

Kebanyakan anak sangat lambat dalam hal bersiap-siap untuk sekolah atau ketika mereka berada di bawah tekanan waktu untuk melakukan sesuatu. Tetapi tidak peduli seberapa lambat anak-anak Anda, mendorong mereka hanya akan membuat mereka lebih stres. Berteriak pada mereka akan membuat mereka lebih bersalah dan tidak akan memotivasi anak untuk melakukan sesuatu lebih cepat.

Anda dapat mempercepat berbagai hal dengan menjadikannya permainan seperti, 'mari kita lihat siapa yang akan sampai disana lebih dulu'. Ini juga akan mengajarkan anak Anda pentingnya kolaborasi.

Baca Juga : 4 Pose Lucu Gempi saat Nikmati Pantai di Bali, Pengen Cubit Pipinya Deh!

Jangan ganggu!

Anak Marah

Sebagai orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya, tentu kita merasa lelah dan butuh istirahat. Namun, mengatakan kepada anak-anak untuk tidak mengganggu Anda dapat membuat mereka terpukul. Anak-anak juga merasa bahwa mereka tidak ada gunanya berbicara dengan Anda.

Anda dapat mencoba cara lain untuk memberitahu mereka jika Anda memerlukan waktu istirahat. Katakan juga kepada mereka bahwa Anda akan kembali bermain ketika Anda sudah beristirahat. Namun, pastikan Anda memenuhi janji tersebut ya.

Mengapa kamu tak bisa menjadi seperti kakak atau temanmu?

Membandingkan anak dengan orang lain walaupun itu saudara kandungnya sendiri merupakan suatu kesalahan. Ketika Anda memberi tahu anak-anak Anda untuk menjadi seperti orang lain, itu mendorong persaingan yang tidak sehat.

Dengan mengucapkan kata-kata seperti itu, Anda bisa menyakiti hati mereka. Sebaliknya, pujilah anak Anda dan dorong dia untuk melakukan yang lebih baik atau apa yang Anda ingin dia lakukan. Penguatan positif adalah alat yang ampuh dalam membentuk anak-anak Anda seperti yang Anda inginkan.

Jangan menangis!

Kebanyakan orangtua akan meminta anak mereka untuk tidak menangis ketika mereka terluka atau kesal dengan suatu hal. Tetapi, dengan melakukan hal ini, anak-anak akan merasa bahwa mereka harus menghilangkan apa yang sedang dirasakannya.

Ini juga dapat memicu ledakan yang lebih eksplosif di kemudian hari. Beri tahu anak-anak Anda bahwa menangis adalah hal yang baik.

Pola Asuh

Aku bisa melakukan hal itu ketika seusiamu!

Semua anak berkembang dengan laju yang berbeda. Membandingkannya dengan diri sendiri hanya akan membuat mereka merasa telah mengecewakan Anda. Menghargai upaya anak adalah cara terbaik untuk mendorong mereka dan membuat mereka melakukan apa yang Anda inginkan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini