Membatasi Anak Bermain Malah Buat Hambat Percaya Diri Mereka Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 196 2254021 membatasi-anak-bermain-malah-buat-hambat-percaya-diri-mereka-loh-IRfVH7l9oW.jpg Ilustrasi. (Freepik)

MENJAGA kenyamanan bayi saat beraktivitas menjadi kewajiban orangtua. Termasuk dengan memperhatikan kondisi popoknya agar si kecil tetap lincah bermain.

Sebuah studi menunjukkan adanya berat popok, seperti pada saat popok penuh, dapat menghambat mobilitas anak Anda. Bila popok basah dan tak segera diganti, risiko lain yang muncul adalah iritasi. Akibatnya kenyamanan bayi juga terganggu.

diapering

Baca Juga: Risiko Stunting Tak Selalu Terjadi pada Keluarga Miskin

Bukan rahasia lagi kalau cuaca yang panas dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi, bahkan dapat menimbulkan ruam popok. Makanya, orangtua harus menjaga kenyamanan bayi, baik di dalam maupun luar ruangan.

Bila bayi aktif bermain tumbuh kembangnya juga tidak terganggu. Orangtua jangan merasa kerepotan jika si kecil suka bermain untuk mengeksplorasi ruang sekitar. 

Studi menunjukkan bahwa kebebasan bayi saat bergerak dan bermain berkaitan erat dalam perkembangan mental dan juga fisik mereka.Bahkan bayi pertama kali belajar berjalan saat mereka sedang melakukan aktivitas spontan kala bebas bermain.

Dengan membiarkan mereka bergerak secara bebas, si kecil akan belajar cara mengkoordinasikan bagian tubuh. Bayi juga akan lebih percaya diri akan kemampuan mereka.

Dilansir Okezone dari keterangan resmi Pampers Baby Playfest, studi lainnya juga menunjukkan kemampuan bayi untuk menguasai gerak motorik, sangat berkaitan erat dengan perkembangan kemampuan beradaptasi. Sejak dini, anak harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan kemampuan kognitif seperti daya ingat.

Oleh karena itu, selain dari hal-hal yang biasa, orangtua lakukan untuk membantu perkembangan kemampuan mobilitas si kecil. Orangtua juga harus memastikan bahwa tidak ada yang membatasi cara bermain maupun gerak mereka.

Bila hal ini dilakukan, maka orangtua pun nyaman beraktivias dan bayi bebas tantrum. Terlebih saat pergantian musim sekarang ini, anak-anak harus tetap nyaman di rumah dan tetap berkumpul dengan keluarga.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini