Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 298 2253719 chef-beken-indonesia-bocorkan-rahasia-membuat-bumbu-sate-enak-untuk-idul-adha-75aO460FDD.jpg Ilustrasi. (Freepik)

IDUL Adha selalu identik dengan daging kurban. Bila beruntung Anda bisa mendapatkan stok daging yang berlimpah.

Bicara soal daging kurban, biasanya di momen Idul Adha ini banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkannya untuk membuat olahan sate. Tapi bagaimana ya, cara membuat sate yang lezat dan menggugah selera?

Hidangan ini memang sangat populer di Indonesia karena menyuguhkan sensasi rasa gurih dan praktis untuk diolah. Bahkan saat Idul Adha hampir setiap orang dari rumah ke rumah membuat olahan sate sendiri.

Baca Juga: Mau Masak Tongseng saat Idul Adha? Yuk Intip Resepnya!

sate

Namun, perlu diketahui pula bahwa ada banyak kreasi unik yang dapat ditemukan di hampir seluruh daerah Indonesia. Misalnya sate madura, sate padang, hingga sate tulang khas Kalimantan Selatan.

Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dengan cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Rahasianya? Tentu saja terletak pada bumbu racikannya.

 

Nah, bagi Anda yang belum terlalu mahir memasak, tidak perlu khawatir, Chef Agus Sasirangan, memiliki sejumlah tips ampuh untuk membuat bumbu sate yang lezat. Menurutnya, salah satu kiat sukses membuat bumbu yang nikmat bergantung pada proses pengolahan bahan baku utamanya yakni, kacang.

"Ini penting, saat menggoreng kacang tidak boleh sampai gosong. Kalau proses penggorengannya saja sudah salah, hasilnya akan memengaruhi rasa. Biasanya jadi ada rasa pahit," tutur Chef Agus, saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, selain memilih daging yang empuk, kelezatan juga bertumpu pada bumbu racikannya. Tidak perlu berkecil hati jika hasil pembakaran daging tidak sempurna. Asalkan Anda harus benar-benar tepat saat meracik bumbu pelengkapnya.

Untuk memperkaya cita rasa, kacang yang telah selesai digoreng, bisa segera dihaluskan dengan menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti gula merah, kecap manis, dan bila suka tambahkan cabai sesuai selera.

Pakar kuliner legendaris Sisca Soewitomo juga punya tips khusus untuk membuat bumbu kacang yang nikmat. Ia menganjurkan agar bumbu kacang yang telah dihaluskan segera direbus dengan air, supaya teksturnya menjadi lebih kental.

“Jangan sekadar dicampur air, harus direbus lagi supaya bumbunya menyatu,” ujar Sisca melalui pesan singkat.

Bila Anda tidak ingin repot-repot menggoreng kacang lalu menghaluskannya, Sisca menyarankan untuk menggunakan selai kacang kemasan. Bahan ini sangat mudah didapatkan di supermarket maupun toko-toko makanan lainnya.

“Pakai saja selai kacang, lalu rebus sebentar sampai dia kental. Tapi ingat, pilihlah selai yang masih ada bulir-bulirnya, jadi sensasi kacang itu masih terasa. Bisa juga ditambahkan kecap manis, irisan bawang merah, dan cabai rawit untuk memperkaya cita rasanya,” pungkas Sisca.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini