Merasa Depresi Akhir-Akhir Ini? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini agar Kembali Gembira

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 298 2253815 merasa-depresi-akhir-akhir-ini-coba-konsumsi-5-makanan-ini-agar-kembali-gembira-U1PvIffbaJ.jpg Perempuan merasa sedih dan depresi (Foto: Thought Catalog)

Dalam menjalani kehidupan suka dan duka hadir silih berganti. Namun kamu tak perlu cemas, semua orang pasti punya masalah hidup masing-masing.

Seperti dilansir dari Boldsky, jika akhir-akhir ini kamu merasa sedih bahkan depresi dan tak bergairah, cobalah mengonsumsi berbagai jenis makanan ini guna meningkatkan mood kamu. Simak ya, apa saja?

 Brokoli

1. Brokoli

Produksi neurotransmiter untuk fungsi otak membutuhkan nutrisi yang cukup. Brokoli kaya akan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, kalium, serat dan banyak lagi.

2. Biji rami

Biji rami mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antidepresan. Sebuah penelitian telah menunjukkan efek positif biji rami dalam depresi postpartum, kecemasan, kelelahan, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

3. Bayam

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat anti-depresi dan anti-stres. Ini menurunkan kadar kortikosteron darah (kadar tinggi yang menyebabkan stres) dan meningkatkan kadar glutamin dan glutamat, asam amino yang membantu fungsi otak. Anda dapat merebus bayam setiap sore, terutama saat merasa sedih bahkan depresi.

4. Daging tanpa lemak

Sumber vitamin B12 dan folat yang membantu menjaga fungsi SSP yang mencakup otak. Daging organ seperti hati juga kaya selenium dan baik untuk mengatasi gejala depresi dan perubahan suasana hati. Anda dapat mengonsumsi dada ayam guna meningkatkan mood Anda agar lebih gembira.

 Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

5. Apel

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran memiliki hubungan protektif terhadap masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, perubahan suasana hati dan tekanan.

Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah apel, itu sebabnya buah ini dapat membantu melawan depresi. Anda bisa mengonsumsi apel dalam bentuk salad, yoghurt, atau oatmeal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini