Share

Kamu Pencinta Sensasi Pedas? Ini Manfaat Cabai yang Perlu Diketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 298 2254046 kamu-pencinta-sensasi-pedas-ini-manfaat-cabai-yang-perlu-diketahui-ZsHU0gIiIX.jpg Manfaat cabai (Foto: Penn Today)

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur kesukaan masyarakat. Sebab sensasi pedas pada cabai membangkitkan selera makan, tak heran banyak orang kecanduan sambal.

Namun di balik sensasi pedas yang menusuk lidah, terdapat beberapa zat yang sangat baik bagi kesehatan. Apalagi cabai mengandung banyak vitamin dan mineral.

Lalu apa saja manfaat cabai? Simak ya.

 sambal pedas

1. Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat efektif untuk memperlancar saluran hidung Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah. Meski demikian, Anda mungkin akan terengah-engah setelah mendapatkan efek ini ketika cuaca sedang panas.

2. Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

3. Mengurangi peradangan

Capsaicin dikenal mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

4. Meredakan migrain

Banyak penelitian sekarang mengungkapkan bahwa cabai dapat memiliki efek terapi pada tubuh, memungkinkan seseorang untuk lebih mudah rileks. Capsaicin memblokir bahan kimia alami yang disebut substance P, yang menimbulkan persepsi rasa sakit.

Akibatnya, cabai dapat bermanfaat dalam meredakan dan mencegah masalah umum seperti sakit kepala dan migrain. Efek cabai ini memungkinkan seseorang untuk bersantai dengan lebih mudah.

Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

5. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai memiliki dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada bulan Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini