Benarkah Mengonsumsi Makanan Pedas Ampuh Legakan Hidung Tersumbat?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 298 2254056 benarkah-mengonsumsi-makanan-pedas-ampuh-legakan-hidung-tersumbat-bSViSYTZ4m.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KETIKA hidung tengah tersumbat, salah satu makanan yang ingin kita santap adalah makanan berkuah yang hangat. Tapi, selain konsumsi makanan hangat tersebut, banyak orang memilih makanan pedas untuk melegakan hidung mereka.

Tapi, benarkah mengonsumsi makanan pedas ampuh untuk mengatasi hidung tersebumbat? Ternyata, para ahli melihat mengonsumsi makananan pedas saat flu melanda ampuh untuk mengtasi hidung tersumbat.

Ahli medis Natalie Armstrong mengatakan, konsumsi makanan pedas adalah cara alami untuk mendorong aliran lendir. Hal itu senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Hidung tersumbat

"Senyawa itulah yang membuat cabai pedas, memperlebar saluran hidung dan mengurangi peradangan dan nyeri sinus,” kata Natalie, dilansir Okezone dari Metro.

Dia mengatakan, makanan pedas juga menghasilkan lendir, yang bisa membuat hidung Anda berair, tetapi tidak membuat hidung tersumbat. Tak heran jika Anda dianjurkan konsumsi makanan pedas saat flu melanda.

Selain makanan pedas, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Misalnya mandilah air hangat untuk merelaksasi tubuh, tidur dengan bantal yang lebih tinggi, serta kompres dahi dengan handuk hangat saat Anda menderita flu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini