Tak Hanya Terkenal dengan Mistisnya, Keindahan Lembah Gunung Kawi Juga Cocok untuk Disambangi

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 406 2254082 tak-hanya-terkenal-dengan-mistisnya-keindahan-lembah-gunung-kawi-juga-cocok-untuk-disambangi-isqQQ34Ljr.jpg Gunung Kawi (Foto: Okezone)

Wajah Gunung Kawi yang terkenal dengan wisata religi dan mistisnya berubah saat sebuah tempat wisata baru bernama Lembah Indah Malang muncul. Letaknya yang berada lembah Gunung Kawi menyuguhkan pemandangan hamparan pegunungan dan perkebunan warga, layaknya dataran tinggi di eropa.

Berada di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, tempat wisata ini tergolong baru, bahkan masih dalam proses pengerjaan 20 persen.

Deputi General Manager Lembah Indah Malang Fadli Umam mengakui bila tempat wisata seluas 20 hektar ini sebenarnya belum sepenuhnya selesai dikerjakan, namun karena telah viral di media sosial, berujung begitu banyaknya wisatawan yang hadir.

 glamping

“Ini kita kerjakan tiga tahun lalu, kita bangun bertahap, baru dapat izin buka pada Juni lalu dari Pemkab Malang, sampai hari ini baru 20 persen pengerjaannya, belum selesai, belum kita grand opening juga, tapi keburu viral di media sosial,” ujar Fadli kepada okezone.

Efek dari viralnya di media sosial tersebut disebut Fadli, membuat lembah ala-ala eropa ini diserbu ribuan wisatawan setiap harinya, bahkan di saat pandemi Covid-19 masih merebak saat ini.

“Hari biasa di kisaran 700 – 1.000 pengunjung, itu hari biasa Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk Sabtu kita bisa mencapai 2.000 pengunjung, hari Minggu bisa 4.000 sampai 5.000 pengunjung,” ucapnya.

Menurutnya, banyaknya wisatawan yang berkunjung bukan tanpa alasan, Gunung Kawi menyimpan banyak potensi wisata alam yang indah. Meskipun selama ini gunung setinggi 2.551 mdpl dikenal kerap kali dihubungkan dengan mitos dan ritual supranatural, terutama dalam mencari pesugihan.

 Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

“Kita lihat potensi Gunung Kawi sebagai tempat wisata dengan keindahan alamnya. Dulu lembah ini hanya ladang tebu, tapi kami konsep eduresort (edukasi resort) dengan memberikan edukasi di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, wahana permainan, tapi juga ada resort-nya,” terangnya.

Glamping Resort ala Wisata Mancanegara

Dengan mengusung ciri khas glamping yang merupakan singkatan dari glamour camping atau berkemah dengan glamor dalam resort-nya, tempat ini menjadi daya magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berswafoto ria yang instagramble.

Terdapat sejumlah glamping yang asyik dijadikan tempat berlibur. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati sensasi menginap dan camping ala eropa sambil menikmati suasana alam Gunung Kawi.

Lembah Indah Malang juga menawarkan sensasi berwisata edukasi pertanian, peternakan, dan perkebunan. Setiap wisatawan bisa merasakan sensasi berinteraksi dengan hewan-hewan seperti sapi, kambing, dan kelinci, merasakan bertani sayur-sayuran organik yang hasil pertaniannya bisa langsung dimasak sendiri di lokasi.

Puas berkeliling lokasi dan lapar, anda dapat menikmati suguhan makanan di restoran dengan kisaran harga makanan dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Satu lagi keunggulan objek wisata ini, dengan mengusung pemandangan 360 derajat, wisatawan disuguhkan panorama puncak Gunung Kawi yang menyembul dibalik lembah, hingga pemandangan alam dari segala sisi mata memandang. Luasnya perkebunan, hutan, dan hamparan pertanian dari kejauhan membuat warna hijau sejauh mata memandang.

“Ketika masuk disitu (Gunung Kawi) ada coban air terjunnya, ada pasarean seperti di Nepal, ada kraton yang mungkin kalau pernah ke Jepang kayak di situ, di sini ada semua,” tutur Fadli.

Perpaduan alam Gunung Kawi, lingkungan yang masih asri nan sejuk, dibalut edukasi wisata pertanian dan peternakan menjadi daya magnet wisatawan ke Lembah Indah Malang.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini