Cegah Klaster Perkantoran, Yuk Buat Cairan Disinfektan Sendiri untuk di Meja Kantor

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 481 2253782 cegah-klaster-perkantoran-yuk-buat-cairan-disinfektan-sendiri-untuk-di-meja-kantor-KKJSDIznaX.jpg Ilustrasi. (Freepik)

KLASTER perkantoran Covid-19 jumlahnya semakin bertambah. Adanya kasus positif Covid-19 di kantor membuat para pekerja melakukan antisipasi pribadi mencegah virus corona.

Berbagai usaha untuk mencegah penyebaran klaster perkantoran Covid-19 harus dilakukan oleh para pekerja kantoran. Selain lebih sering mencuci tangan, salah satu kebiasaan yang harus dilakukan Anda lakukan adalah rutin mendisinfeksi meja kerja.

Baca Juga: Ada Karyawan Positif Covid-19 di Kantormu, Tracing Rapid Test Aja Enggak Cukup!

disinfektan

Untuk mencegah terjadinya klaster perkantoran Covid-19, tak ada salahnya Anda membuat membuat cairan desinfektan homemade. Cairan disinfektan ini bisa diletakkan di meja kantor.

Sebenarnya, cara membuatnya pun cukup mudah loh, Okezoners! Dilansir Okezone dari Helathline pada Rabu (29/7/2020), Anda hanya membutuhkan cairan pemutih pakaian dan air.

Profesor riset Julie Fischer PhD mengatakan, Anda bisa membuat cairan desinfektan menggunakan cairan pemutih. Namun pastikan cairan tersebut mengandung bahan yang aman atau bebas klorin.

Caranya, encerkan cairan pemutih dengan perbandingan 4 sendok teh cairan pemutih dengan liter air. Biarkan larutan desinfektan berada di permukaan benda selama menit. Jika mengering lebih cepat, Anda bisa menyemprotkannya kembali.

Perlu diketahui, cairan desinfektan yang dibuat homemade sebaiknya tidak digunakan lagi setelah 24 jam karena fungsinya akan berkurang. Simpan cairan dalam wadah yang tidak tembus cahaya untuk menjaga fungsinya agar tetap baik.

Fischer mengatakan, selain menggunakan cairan pemutih pakaian, desinfektan sebenarnya juga bisa dibuat dari alkohol kadar 70%. Ia mengingatkan, alkohol dapat membuat kulit menjadi kering. Jadi gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit.

Jika meninggalkan residu, lanjut dia, Anda bisa membilas permukaan benda tersebut dengan air. Selamat mencoba!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini