5 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Hipertensi

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 481 2253923 5-tips-jalani-gaya-hidup-sehat-untuk-cegah-hipertensi-yJ9lTInGNz.jpg Olahraga (Foto: The Telegraph)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, menyebabkan risiko penyakit jantung, stroke, komplikasi kesehatan yang parah, dan kematian. Oleh karena itu mencegah tekanan darah tinggi dengan kebiasaan hidup yang baik perlu dilakukan sebelum timbul gejala.

Seseorang yang mengidap hipertensi akan merasakan beberapa gejala seperti sakit kepala, lemas, nyeri dada, masalah penglihatan dan darah pada urine.

Seperti dilansir dari Heathsite, ada 5 tips menjalani gaya hidup sehat untuk menurunkan resiko hipertensi. Apa saja?

 olahraga

1. Olahraga teratur

Orang yang olahraga teratur memiliki risiko tekanan darah tinggi empat persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sementara mereka yang melakukan olahraga intensitas tinggi memiliki risiko tekanan darah tinggi 13 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak. Anda dapat berolahraga secara teratur seperti joging, workout, bersepeda, dan berenang.

2. Diet sehat

Makan berbagai makanan kaya kalium, serat, dan protein dan garam rendah (natrium) dan lemak jenuh untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasinya. Perbanyak buah dan sayuran sehat dibandingkan makanan hewani seperti daging, telur, susu dan ikan.

3. Berat badan seimbang

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Jaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat untuk mengatasi hipertensi. Anda dapat menentukan berat badan Anda dengan menghitung indeks massa tubuh Anda (BMI), yang merupakan ukuran lemak tubuh sesuai tinggi dan berat badan.

4. Jauhkan alkohol

Minum lebih banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Menurut para pakar kesehatan, pria tidak boleh memiliki lebih dari 2 minuman beralkohol per hari

Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

5. Tidur cukup

Tidur cukup penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kurang istirahat membuat Anda merasakan ketegangan, jauhi makanan mengandung lemak. Kurang tidur meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini