Orang Narsis dan Psikopat Cenderung Abaikan Perintah Cuci Tangan

Rabu 29 Juli 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 481 2253988 orang-narsis-dan-psikopat-cenderung-abaikan-perintah-cuci-tangan-q7ggW50Swr.jpg Mencuci tangan (Foto: Snopes)

Penelitian yang dirilis baru-baru ini memberikan bukti bahwa orang narsis lebih cenderung mengabaikan pedoman pemerintah dan berbagai organisasi global selama pandemi Covid-19.

Orang narsis didefinisikan sebagai orang yang kurang empati atau memiliki rasa kepentingan diri yang tinggi hingga tak peduli dengan kepentingan orang lain atau masyarakat. Dalam peneilitian, para peneliti mensurvei 755 orang di Polandia tentang kepribadian mereka dan tindakan pencegahan selama pandemi.

 cuci tangan

Seperti dilansir dari Sindo News, jawabannya dicatat sepanjang 15 hari selama minggu ketiga dan keempat masa penguncian yang dimandatkan pemerintah setempat. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang memiliki sifat kepribadian seperti narsisme, machiavellianism, juga psikopat lebih mungkin untuk mengabaikan perintah cuci tangan pakai sabun di tengah pandemi Covid-19 guna mencegah penularan Covid-19.

Narsisme bukanlah sesuatu yang hanya memengaruhi seberapa sering atau berapa banyak aturan yang Anda ikuti, tapi juga hubungan profesional dan pribadi Anda setiap hari.

Seperti dilansir dari Healthline, kecenderungan narsisistik dapat berubah atau membaik dengan dukungan profesional yang tepat dari seorang terapis. Sangat penting untuk membantu mereka yang narsis menemukan motivasi yang tepat.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences. Meskipun temuan tersebut terbatas di Polandia, para peneliti percaya bahwa mereka mungkin dapat diproyeksikan ke populasi global.

 Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

Para peneliti menemukan, ada cara untuk membuat narsisis mengubah kebiasaan mereka dan mau mengikuti norma yang direkomendasikan oleh pemerintah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini