Kopi Ternyata Bisa Cegah Peradangan Gusi dan Masalah Mulut

Rabu 29 Juli 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 481 2254050 kopi-ternyata-bisa-cegah-peradangan-gusi-dan-masalah-mulut-FiTA15V7rD.jpg Minum kopi lezat (Foto: Inst)

Kopi merupakan minuman kesukaan banyak orang, terutama para pekerja kantoran. Sebab kopi membuat mereka tak mengantuk di pagi hari saat bekerja.

Namun, kandungan kafein yang terdapat di kopi ternyata memiliki nilai positif untuk kesehatan. Salah satunya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Seperti yang dilansir dari Men's Health, peneliti dari Boston Univerity mengatakan, kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti untuk keehatan mulut dan gigi dari penyakit peradangan gusi dan peradangan pada tulang rahang.

 kopi

Hasil ini didapatkan dari penelitian terhadap 1.000 pria selama 30 tahun. Mereka menemukan bahwa pria yang minum satu cangkir kopi sehari atau lebih memiliki lebih sedikit gigi rusak atau tanggal akibat peradangan pada gusi.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang rajin minum kopi berisiko lebih kecil terkena penyakit periodontal seperti gusi berdarah atau serangan bakteri pada gigi.

Lantas, bagaimana bisa kopi membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Seperti diungkapkan oleh Dokter Gigi Yahya Hidayat, antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang.

"Memang terlalu sering minum kopi memang bisa mengubah warna gigi, tetapi sisi positifnya kita bisa terhindar dari peradangan gusi dan masalah mulut, selama mengkonsumsinya dengan takaran yang wajar," jelasnya.

Perdangan pada gusi bisa diredam dari kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Kafein ini mampu meningkatkan senyawa adenosin yang berfungsi sebagai norotransmoitter yang menghambat kemampuan dalam menimbulkan rasa nyeri.

"Kafein yang terkandung dalam kopi inilah yang mampu mengaktifkan jalur adrenalin pusat dan menekan nyeri endogen, jadi sangat membantu untuk penderita radang gusi," tutur Yahya.

 Baca juga: Chef Beken Indonesia Bocorkan Rahasia Membuat Bumbu Sate Enak untuk Idul Adha

Seperti dilansir dari Sindo News, dokter gigi lulusan Universitas Indonesia itu pun menambahkan, selain memberikan dampak positif, kandungan zat quinic pada kopi dapat memberikan sisi negatif untuk kesehatan gigi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, dikhawatirkan zat quinic ini dapat menimbulkan penyakit lain yakni radang gusi atau yang di sebut gingivitis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini