Saat Anak Stres Boleh Enggak Ya Main ke Luar Rumah Selama Pandemi Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 196 2254313 saat-anak-stres-boleh-enggak-ya-main-ke-luar-rumah-selama-pandemi-covid-19-rePMAKS8Kn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 yang tak kunjung berakhir mengharuskan semua masyarakat beraktivitas di dalam rumah. Tak terkecuali para anak yang harus merelakan masa tumbuh kembangnya habis di dalam rumah.

Selama pandemi Covid-19, ada kalanya seorang anak merasa bosan dan merengek untuk bermain keluar rumah. Bahkan beberapa anak tak segan untuk mengamuk atau berteriak histeris karena terlampau stres dengan apa yang dikerjakan di dalam rumah.

anak

Baca Juga: Berdampak Buruk, Jangan Ucapkan 5 Hal Ini ke Anak

Ahli Tumbuh Kembang Anak Universitas Airlangga, Dr. dr. Ahmad Suryawan Sp.A(K), mengatakan, selama pandemi Covid-19 orangtua bisa saja mengizinkan anaknya untuk bermain di luar rumah. Namun hal tersebut berdasarkan pertimbangan usia dan juga kondisi sang anak.

“Kalau usianya di bawah dua tahun, tidak bisa bermain di luar rumah. Jika berusia di atas dua tahun bisa bermain di luar rumah dengan didampingi orangtua dan memakai APD (masker),” terang dr. Suryawan, dalam acara Perayaan Hari Anak Nasional 2020 bersama Frisian Flag, Rabu 29 Juli 2020.

Saat anak diizinkan untuk bermain keluar rumah, orangtua harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat terhadap anak. Beberapa diantaranya adalah tetap melakukan social distancing dengan orang sekitarnya dan selalu membawa hand sanitizer.

“Saat bermain, terdapat virus yang terpapar pada benda atau mainan yang ada di sekitarnya. Jadi kalau kepepet, Anda bisa membawa anak keluar dengan protokol kesehatan yang ketat,” lanjutnya.

Meski demikian, pelonggaran bagi anak untuk bermain di luar rumah tidak boleh dijadikan kebiasaan. Meski membiasakan protokol kesehatan, ternyata tidak bisa menjamin anak terhindar dari paparan infeksi. Untuk menghindari infeksi, tetap berada di rumah adalah cara terbaik.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini