4 Karakter Dasar Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 196 2254346 4-karakter-dasar-anak-orangtua-wajib-tahu-qYHpdXCg3w.jpg Karakter anak (Foto: Healthline)

Setiap orangtua wajib memahami betul karakter yang dimiliki oleh anak-anaknya. Dengan memahami karakter dan prilaku si kecil, orangtua dapat dengan mudah membentuk dan mengetahui semua hal yang mereka inginkan.

Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando menjelaskan, ada setidaknya empat karakter dasar yang dimiliki oleh seorang anak. Dari keempat karakter dasar tersebut tidak ada yang paling baik maupun paling buruk, pasalnya semua tipe memiliki keunikan masing-masing.

“Karakter pada anak ada empat. Diantaranya sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis. Setiap anak bisa memiliki gabungan antara beberapa karakter tersebut. Oleh sebab itu harus dicari apa karakter dominan yang dimiliki anak itu,” terang Ajeng belum lama ini.

anak-anak

Menurut Ajeng tipe anak melankolis dan plegmatis cenderung pendiam. Sementara sanguinis dan koleris lebih mudah dalam menyampaikan perasaannya. Tapi semua karakter tersebut juga memiliki kelemahan.

“Koleris minusnya gampang marah, mudah tersinggung, dan mudah gak nyaman. Sanguinis, ramah, nyenengin, suka menyapa, dan murah senyum. Tapi suka moody kalau ada masalah kecil suka dibesarkan. Emosinya juga tidak stabil,” lanjutnya.

Hal yang berbeda pun dimiliki oleh anak dengan karakter melankolis. Meskipun lebih banyak diam, namun mereka suka melihat data. Bahkan tipe melankolis adalah seorang observer yang baik.

Mereka biasanya tekun dan teliti, tertata dengan sistem yang baik walau perasaan mereka cenderung kaku.

Baca juga: Begini Cara Menparekraf Wishnutama Terus Ingatkan Pengelola Destinasi Wisata Terapkan Protokol Kesehatan

“Tipe plegmatis itu suka damai, kalem, pembawaannya tenang, efisien. Tapi mereka cenderung cuek tehadap orang yang ada di sekitarnya. Mereka juga sering menunda-nunda pekerjaan. Oleh sebab itu para orangtua harus memahami jenis karakter anak Anda,” pungkasnya.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini