3 Cara agar Anak Belajar Online Lebih Efektif

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 196 2254387 3-cara-agar-anak-belajar-online-lebih-efektif-aJvnHoR9A1.jpg Anak belajar online (Foto: My Kids Time)

Belajar secara online di rumah selama pandemi Covid-19 mungkin terlihat menyenangkan. Namun diperlukan banyak siasat supaya anak bisa menerima dengan baik semua materi yang diajarkan oleh para gurunya.

Saat ini banyak orangtua yang mengeluhkan bahwa belajar online tidak efektif dilakukan. Mulai dari anak yang kesulitan fokus, bahkan tak sedikit dari anak yang mogok belajar karena merasa bosan dan stress.

Menanggapi hal tersebut, seorang pengajar, Getza Pattiasina mengatakan, bahwa peran serta orangtua dalam kegiatan belajar online selama pandemi Covid-19 sangat diperlukan.

belajar online

Getza membagikan beberapa siasat yang bisa diterapkan para orangtua supaya kegiatan belajar mengajar secara online dapat berjalan dengan efektif.

1. Siapkan suasana hati anak. Mood seorang anak harus baik sejak pertama kali bangun. Caranya bisa dengan sarapan dan sudah mandi sebelum belajar online supaya segar.

2. Siapkan material yang dibutuhkan unuk anak saat belajar online. Pastikan anak sudah siap secara mental dan juga semua keperluan yang mereka butuhkan terpenuhi. Tujuannya untuk membuat mereka tetap fokus terhadap pelajaran yang mereka terima.

Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

3. Peran ruang belajar sangat penting. Pastikan kondisi ruang belajar harus kondusif dan tidak mengganggu belajar anak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini