Idul Adha Kumpul Bareng Keluarga, Coba Resep Pancake Klepon ala Tasyi Athasyia

Vina Destya, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 298 2254380 idul-adha-kumpul-bareng-keluarga-coba-resep-pancake-klepon-ala-tasyi-farasya-EQvh0BVZAh.jpg Pancake klepon. (Foto YouTube Tasyi Athasyia)

JAJANAN klepon kini naik kelas karena diolah menjadi dessert zaman now. Salah satunya adalah pancake klepon yang dibuat oleh saudara kembar Tasya Farasya, Tasyi Athasyia.

Tasyi mengaku bahwa menu ini dibuat karena dirinya menyukai keduanya, yaitu pancake dan juga klepon. Karenanya, Tasyi membuat menu inovasi pancake klepon dan jadi camilan favoritnya.

Dalam channel YouTubenya ini, Tasyi juga mengatakan bahwa pancake klepon ini menjadi ide yang bagus untuk menu camilan ringan. Lebih nikmat lagi pas disantap saat merayakan Idul Adha bareng keluarga.

Kira-kira seperti apa ya cara pembuatannya? Berikut bahan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat pancake klepon.

Baca Juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat whipped cream. Tuang 100 gr es batu ke dalam mangkuk, 1 sachet susu bubuk, 3 sdm susu kental manis, dan 5 sdm gula pasir, lalu campurkan bahan-bahan tersebut menggunakan mixer sampai adonan merata.

pancake

Setelah adonan tercampur, masukkan 1 sdm SP, kocok terus sampai adonan mengental seperti whipped cream.

Kedua adalah membuat kulit pancake. Masukkan 3 butir telur dan kocok, lalu tambahkan 300 gr tepung terigu, 3 sdm tepung tapioka, penggunaan tepung tapioka ini membuat kulit pancake menjadi lentur. Aduk sebentar dan tambahkan 300 ml santan, 500 ml susu UHT, garam secukupnya, dan aduk sampai merata sehingga tidak ada gumpalan-gumpalan terigu.

Untuk memberikan warna pada kulit pancake, tambahkan pasta pandan secukupnya. Agar lebih yakin tidak ada gumpalan yang tersisa pada adonan, sebelum dimasak adonan tersebut bisa disaring terlebih dahulu.

Ketiga adalah membuat isian pancake. Tasyi menggunakan kombinasi gula merah, kelapa parut dan daun pandan.

Sebelum membuat pancake, olesi minyak pada teflon menggunakan kuas atau tisu, hal ini bisa menghindari adanya sisi yang gosong pada kulit pancake. Putar adonan pada teplon, agar merata dan membentuk bulat.

Setelah semua bahan siap, di tahap akhir ini adalah mencampurkan kulit pancake, isian (enten), dan whipped cream.

Pertama adalah memasukkan whipped cream pada kulit pancake, lalu tambahkan enten. Porsi di setiap isinya disesuaikan dengan selera masing-masing. Lipat setiap bagian kulit pancake. Lakukan secara berulang pada kulit pancake yang belum terisi. Sudah jadi!

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini