Resep Sate Maranggi untuk Idul Adha, Bikin Lidah Bergoyang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 298 2254439 resep-sate-maranggi-untuk-idul-adha-bikin-lidah-bergoyang-qlyrWmiVwU.jpg Sate Maranggi (Foto: Inst Eatoutbdg)

Sate termasuk jenis makanan yang mudah dijumpai terutama pada saat Hari Raya Idul Adha. Tak sedikit orang yang mengolah daging kurban mereka menjadi suguhan sate nan lezat, karena memang proses pengolahannya sangat praktis dan sederhana.

Salah satu jenis sate yang cukup digemari masyarakat Indonesia adalah sate maranggi. Selain menyuguhkan sensasi rasa gurih yang kuat, bumbu kacang sate maranggi juga menyajikan rasa yang unik.

sate

Tertarik untuk membuatnya? Dikutip Okezone dari buku 100 Resep Sajian Favorit ala Resto untuk Jamuan Gaya Metropolitan, karya Albertin Hoesni, berikut resep lengkap membuat sate maranggi yang lezat dan menggoda, Kamis (30/7/2020).

Bahan-bahan:

-350 g daging has, potong ukuran 1/2 x 2 x 2 cm

-1 sdm air asam jawa

-Bumbu kaldu padat rasa sapi secukupnya

-Gula merah secukupnya

-Kecap manis secukupnya

-2 sdm minyak

-Tusukkan sate secukupnya

 Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Bumbu yang dihaluskan:

-8 buah bawang merah

-3 siung bawang putih

-1 sdm ketumbar

Cara membuat:

1. Campur dan aduk jadi satu daging, air asam, bumbu kaldu rasa sapi, gula merah, kecap manis, minyak, dan bumbu halus, remas-remas dan biarkan meresap selama 45 menit.

2. Tusuk-tusuk daging sebanyak 3-4 potong pada tusukan sate, kemudian panggang di atas bara api hingga matang, hidangkan.

3. Sate sip disantap untuk hidangan Idul Adha bersama keluarga ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini