4 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Kualitasnya Terjaga

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 298 2254481 4-tips-menyimpan-daging-kurban-agar-kualitasnya-terjaga-ok0Wpm1dlU.jpg Ilustrasi. (Foto: Britanica)

UMAT Islam di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada esok hari, Jumat 31 Juli 2020. Momen spesial ini biasanya identik dengan pembagian daging kurban kepada masyarakat, fakir miskin, dan keluarga.

Nah, bila Anda tidak ingin langsung mengolahnya, daging kurban lebih baik disimpan di dalam kulkas. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperatikan agar tetap awet dan kualitasnya terjaga.

Berikut Okezone rangkumkan 4 tips menyimpan daging kurban, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020).

 

Masukkan ke dalam kulkas

kulkas

Ketika mendapatkan daging sapi atau kambing mentah, sebaiknya segera simpan di dalam kulkas yang bersuhu sekitar -18 derajat celcius. Jangan biarkan daging berada di suhu ruang karena dapat memengaruhi kualitas dan mempercepat proses pembusukannya.

Baca Juga: Resep Sate Maranggi untuk Idul Adha, Bikin Lidah Bergoyang

Bungkus daging

Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas, lebih baik daging dibungkus terlebih dahulu terutama untuk jenis daging dengan kadar pemak yang tinggi. Anda bisa menggunakan kantung plastik atau zipper bag yang kini banyak dijual di pasaran. Membungkus daging sapi dapat menjaga kualitas tekstur dan rasanya, karena di dalam freezer daging memiliki kemungkinan untuk membeku. Hal ini bisa membuat tekstur daging mengeras dan kulitasnya berkurang.

Jangan dicuci

daging

Daging sebaiknya tidak dicuci bila hendak disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, ketika daging selesai dicuci, sisa-sisa air yang meresap di dalamnya dapat memicu terjadinya freezer burn. Daging juga memiliki kemungkinan terkontaminasi bakteri ketika dibersihkan dengan air.

Beri catatan

Hal terpenting selanjutnya adalah mencatat tanggal atau waktu ketika daging di simpan si dalam kulkas. Catatan ini akan menjadi pengingat kita untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa daging sapi hanya bisa disimpan maksimal 6-12 bulan di bawah suhu -18 derajat celcius. Jadi jangan sampai lupa ya, Bunda!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini