Mama Muda Bingung Tentukan Ide MPASI Sehat? Pakar Nutrisi Beri Jurus Jitunya

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 298 2254634 mama-muda-bingung-tentukan-ide-mpasi-sehat-pakar-nutrisi-beri-jurus-jitunya-br3ts0AIDo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCARI ide MPASI bagi si kecil terkadang dapat menjadi tantangan bagi para ibu. Menemukan kombinasi makanan yang sehat dan enak bagi si kecil bisa menjadi hal yang tak mudah.

Dalam menentukan ide MPASI, dibutuhkan kombinasi makanan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Makanya para mama muda jangan sembarang memilih menu MPASI sehat dan enak untuk si kecil.

Pakar Nutrisi Rita Ramayulis pun membeberkan jurus jitu dalam pemilihan menu MPASI. Kementerian Kesehatan juga merekomendasikan para ibu untuk menerapkan menu 4 bintang bagi si bayi.

Baca Juga: Hamil Tua, Mesranya Irish Bella dan Ammar Zoni Babymoon ke Resor Mewah Borobudur 

mpasi

Rita mengatakan, pada prinsip 4 bintang, MPASI harus mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayur atau buah. Menu ini juga direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"MPASI biasa diberikan pada anak dengan kelompok umur 6-8 bulan, 9-11 bulan, dan 12-24 bulan. Kelompok ini didasari pada tekstur dan bumbu pada makanan. Namun, kelompok ini tetap menggunakan prinsip 4 bintang," kata dia saat Webinar bersama Tanoto Foundation, Rabu 29 Juli 2020.

Rita menambahkan, banyak pilihan makanan yang dapat diberikan untuk bayi Anda. Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, ibu dapat memberi si kecil ikan kembung.

Sedangkan, untuk kebutuhan protein nabati dapat dipenuhi dengan mengonsumsi tempe yang lebih murah dibandingkan kacang mede atau kacang tanah.

Untuk penyajiannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para ibu. Seperti penambahan bumbu atau bentuk makanannya. Untuk bayi 6-8 bulan, makanan bayi sebaiknya mudah lumat atau berbentuk pure. Bayi 9-11 bulan dapat memakanan MPASI dalam bentuk finger food atau seperti tim yang di cincang kasar.

"Yang terpenting bayi bayi 6-11 bulan adalah tidak menggunakan gula atau garam pada makanan," ujarnya.

Sementara itu, untuk bayi yang berusia 1 tahun, mereka dapat diberikan menu makanan yang sama dengan menu makanan keluarga sehari-hari. Gimana Moms, mudah kan mengikuti tipsnya?

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini