Klapertart Crispy, Jajanan Kekinian Khas Manado

Jefry Langi , Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 298 2254725 klapertart-crispy-jajanan-kekinian-khas-manado-lXKGZbql6Z.jpg Klapertart Crispy. (Foto: Instagram)

KUE klapertart mungkin sudah biasa kita lihat dan nikmati, namun klapertar krispi yang garing dan enak pasti anda penasaran. Di kota Manado, Sulawesi Utara, terdapat jajanan khas klapertart krispi atau dinamakan crispy klapy yang saat ini laris di masa pandemi Covid-19.

Inovasi ini dilakukan pelaku usaha untuk mempertahankan usahanya di masa ekonomi kian merosot Crispy klapy atau klapertart krispi ini tidak kalah enaknya dari klapertart biasanya, bahkan jajanan khas sulawesi utara ini bisa buat ngemil seperti makanan ringan lainnya.

Cara membuat klapertart krispi ini pun sangat mudah, awalnya siapkan bahan seperti kelapa parut, tepung kelapa, putih telur, gula, mentega dan keju.

Awalnya mentega dicairkan sambil putih telur dikocok dalam wadah, dan campurkan tepung kelapa sampai mengembang, selanjutnya campurkan gula dan keju.

Adonan yang telah dicampurkan tadi, masukan dalam cetakan berbentuk bulat kemudian hiasi atasnya dengan kelapa parut.

Jika anda ingin kue klapertart ini memiliki rasa cokelat, tambahkan cokelat bubuk, kemudian adonan dipanggang dalam oven dengan suhu seratus sembilan derajat. Setelah dipanggang selama sepuluh menit atau adonan berubah warna kemerah-merahan, diangkat dan dinginkan sebentar.

Inovasi jajanan khas ini merupakan ide chef muda yang awalnya klapertart original sedikit peminat di masa pandemi ini, pasalnya kue yang dijadikan oleh oleh tidak tahan lama untuk dikirim di saat penerbangan domestik dihentikan sementara.

Klapertart crispy inilah yang menjadi pilihan tepat bagi wisatawan untuk dijadikan buah tangan, karena ketahanannya bisa berbulan bulan.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini