Trip ke Kawah Putih Bandung, Serunya Bisa Bergaya ala Winter di Eropa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 406 2254559 trip-ke-kawah-putih-bandung-serunya-bisa-bergaya-ala-winter-di-eropa-ZfYBaxj9RC.jpg Kawah Putih (Foto: Inst Ptraa_Official)

Tak hanya Gunung Sunda Purba, gunung api lainnya juga meninggalkan jejak letusan yang luar biasa di Tanah Pasundan. Jawa Barat khususnya Bandung, memang menjadi rumah bagi berbagai gunung api yang dulunya sempat erupsi dan meninggalkan jejak dan pemandangan alam yang sangat memukau.

Salah satunya Gunung Patuha. Menurut sejarah, gunung ini merupakan satu dari beberapa gunung api di Tanah Pasundan yang meletus pada abad ke-13.

Dari letusan atau erupsi inilah tercipta sebuah danau yang sangat eksotik. Danau itu dikenal dengan nama Kawah Putih.

 Destinasi Kawah Putih yang dingin

(Foto: Inst Flashpackers_ )

Kawah putih terbentuk dari fenomena geologi yang unik yang dimiliki Bandung, Jawa Barat. Luasnya sendiri mencapai 4 hektar. Namun bila ditotalkan dengan area di sekitarnya bisa mencapai 6 hektar.

Objek wisata yang cukup digemari oleh wisatawan lokal dan mancanegara ini juga berada di ketinggian 2344 mdpl. Popularitas Kawah Putih bisa dibilang sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok negeri.

Lantas, apa yang menjadi daya tariknya? Kawah putih ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Belanda sekitar tahun 1900-an. Sesuai dengan namanya, kawah dan pasir di tempat ini, semuanya berwarna putih bersih.

 

Namun terkadang, warnanya berubah menjadi putih kehijau-hijauan tergantung dengan kadar belerang, suhu dan cuacanya. Karena mengandung belerang, udara di area Kawah Putih menghasilkan bau yang agak menyengat.

Itulah sebabnya pengunjung yang datang ke sini disarankan memakai masker dan maksimal hanya 15 menit saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pihak pengelola telah menyediakan sebuah gardu pandang untuk para pengunjung.

Di spot inilah, pengunjung dapat melihat keindahan kawah putih dari ketinggian tanpa harus mencium bau yang terlalu menyengat dari kawah.

Hawa dingin dan sejuk di seputar Kawah Putih membuat banyak pengunjung datang ke sini dengan memakai jacket tebal. Bergaya dengan jacket atau sweater tebal, dikelilingi suasana dingin dan berkabut bisa membuat foto Anda seolah sedang berlibur winter di Eropa, lho!

Selain itu, Kawah Putih juga merupakan rumah bagi keragaman hayati. Salah satunya cantigi ungu atau cantigi gunung.

Pohon ini tumbuh secara alami di Pulau Jawa pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Uniknya pohon cantigi mampu bertahan terhadap asap belerang dan tanah kawah yang beracun.

 Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Jika beruntung, pengunjung dapat menikmati keindahan bunga cantigi yang berwarna kemerahan dari pucuk-pucuk ranting. Nuansanya seperti musim semi di Jepang!

Nah, bagi Okezoners yang tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih, objek wisata ini terletak di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Tiket masuknya terbilang sangat terjangkau Rp15 ribu saja.

Namun sayangnya, biaya parkir di Kawah Putih terbilang mahal. Anda harus merogoh kocek hingga Rp150 ribu bila ingin memarkir di bagian atas. Dari tempat ini menuju bibir kawah memang terbilang dekat.

Sementara biaya parkir di bagian bawah memang hanya dibanderol Rp6 ribu saja. Akan tetapi, Anda harus berjalan kaki sejauh 15 km untuk menuju bibir kawah.

Namun tak perlu khawatir, pihak pengelola sudah menyediakan transportasi dari bawah ke bagian atas (jasa ontang-anting) yang dibanderol Rp15 ribu saja per orang.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini