Kangen Liburan, Pantai Jadi Tujuan Nomor 1 Masyarakat Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 406 2254829 kangen-liburan-pantai-jadi-tujuan-nomor-1-masyarakat-indonesia-tHgUn8nrx0.jpg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

KANGEN liburan di tengah pandemi Covid-19 tentu dialami banyak orang. Bahkan setelah masa transisi new normal, tak sedikit orang berniat liburan untuk melepas penat.

Ditambah lagi sektor pariwisata Indonesia berbenah di masa sekarang. Banyak pula destinasi wisata yang bakal menyambut kedatangan wisatawan yang kangen liburan di tengah pandemi Covid-19, seperti Bali misalnya.

OpenTripID melakukan survei terbuka pada 1-15 Juli 2020. Survei ini melibatkan 1005 orang berbagai usia. Tujuannya mencari tahu minat masyarakat terhadap pariwisata Indonesia selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hore, Besok Pariwisata Bali Dibuka! Wisatawan Domestik Harus Penuhi 12 Syarat Ini

pantai

Menariknya, dari total yang mengikuti survei, 73 persen responden mengaku memiliki rencana untuk melakukan perjalanan dalam jangka waktu 2 bulan mendatang. Sisanya yakni 27 persen masih belum melakukan perencanaan perjalanan wisata.

"Di era new normal ini minat masyarakat sangat tinggi untuk bisa kembali berwisata," ucap Founder OpenTripID, Eka Saparingga lewat keterangan resminya.

Survei tersebut juga membuktikan banyak orang yang memilih untuk berwisata di dalam negeri, dibandingkan luar negeri. Dengan persentase 73 persen untuk wisata dalam negeri dan 27 persen untuk wisata luar negeri.

Bicara masalah kesehatan, hampir 100 persen (94 persen) mengatakan peduli terhadap protokol kesehatan selama liburan. Sedangkan sisanya mengatakan tidak tahu.

"Terbukti meski banyak masyarakat ingin berlibur, mereka masih mementingkan kesehatan. Kami juga ikut menjamin penerapan protokol kesehatan di setiap perjalanan wisata," tutur pria yang disapa Angga itu.

Sementara untuk tujuan wisata, 51 persen memilih untuk liburan di pantai, 30 persen wisata pegunungan, 12 persen untuk wisata kuliner dan 7 persen untuk wisata modern seperti mall atau taman rekreasi. Untuk destinasinya, empat teratas yang dipilih ialah Bromo, Kawah Ijen, Yogyakarta dan Bali.

Hal menarik lainnya, dari 1005 koresponden, 36 persen memilih menggunakan pesawat sebagai moda transportasi dan 12 persen memilih bus. Sementara orang yang memilih menggunakan kereta dan kendaraan pribadi memiliki persentase sama yakni 26 persen.

Seberapa lama mereka ingin berlibur, 57 persen menginginkan liburan selama tiga hari, 17 persen satu atau dua hari dan sisanya lebih dari tiga hari. Kebanyakan mengatakan waktu tiga hari adalah waktu yang pas untuk berwisata. Kamu tim liburan nanti atau sekarang?

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini