Beli Perlengkapan Jelang Idul Adha di Mal, Jangan Lupakan Protokol Kesehatan Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 481 2254377 beli-perlengkapan-jelang-idul-adha-di-mal-jangan-lupakan-protokol-kesehatan-ini-6f333L2lCJ.jpg Protokol kesehatan saat belanja (Foto: The Cornell Daily Sun)

Saat ini masyarakat sedang antusias menyambut Hari Raya Idul Adha. Mereka sibuk pergi ke pusat perbelanjaan atau mal guna memenuhi kebutuhan untuk merayakan hari kurban itu.

Umumnya, sebagian masyarakat juga membuat ketupat pada saat perayaan Idul Adha, namun ada ciri khas lain dari masyarakat ketika pergi ke pusat perbelanjaan jelang Idul Adha, yakni berburu tusuk sate.

 bikin sate

Ya, daging kurban yang didapat biasanya diolah menjadi sate yang nantinya dinikmati bersama keluarga. Hal ini juga merupakan salah satu momen untuk mempererat tali silaturahim.

Namun, ada yang berbeda pada perayaan Idul Adha kali ini. Pasalnya, pada tahun ini hampir di seluruh negara di dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Hal ini mengubah sebagian perilaku hidup masyarakat.

Seperti selalu mengenakan masker di luar rumah, menjaga jarak, serta diimbau untuk selalu mencuci tangan guna menjaga kebersihan. Tak terlepas dari itu, pergi ke pusat perbelanjaan pun juga ada protokol kesehatannya.

Peraturan ini dibuat agar angka penularan Covid-19 dapat ditekan. Jika Anda ingin pergi ke mal untuk membeli perlengkapan jelang Idul Adha, Anda bisa mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kominfo yang telah Okezone kutip dari akun Instagram resminya pada Kamis (30/7/2020).

Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Protokol kesehatan yang harus Anda lakukan saat pergi berbelanja antara lain:

1. Selalu pakai masker dengan benar di area publik

2. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer

3. Semaksimal mungkin melakukan transaksi non tunai.

4. Hindari menyentuh wajah (terutama mata, hidung, dan mulut)

5. Tetap jaga jarak dari orang lain minimal satu meter

6. Tidak berlama-lama di mal atau pasar tradisional saat berbelanja.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini