Peran Penting Ibu Mencegah Obesitas pada Anak

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 481 2254577 peran-penting-ibu-mencegah-obesitas-pada-anak-QR7Ptg2fIj.jpg Ibu dan anak olahraga (Foto: The Champa Tree)

Obesitas atau kelebihan berat badan pada anak memiliki resiko terkena kardiovaskular, diabetes, kanker, dan gangguan mental. Dalam penelitian ibu berperan sangat penting dalam mencegah obesitas pada anak.

Anak akan disebut obesitas jika, Indeks Massa Tubuh lebih tinggi 95 persen dari anak anak seusianya. Umumnya, dimulai pada anak usia 5 dan 6 tahun dan pada masa remaja, mengarah ke beberapa kondisi kesehatan kronis.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik anak tetapi juga kesehatan mental mereka. Anak obesitas cenderung depresi akibat kurang percaya diri atau harga diri.

 ibu dan anak

Sejarah keluarga, faktor psikologis, gaya hidup, pola makan yang buruk dan kurangnya nutrisi mengarahkan anak ke obesitas. Kelalaian dan kurangnya bimbingan dari orangtua tentang diet dan aktivitas fisik yang baik untuk anak menyebabkan anak bertambah berat badan secara berlebihan.

Oleh karena itu, seorang ibu memiliki peran penting dalam mengendalikan obesitas anaknya. Lima kebiasaan penting ibu ini dapat diturunkan untuk menghindari obesitas pada anak-anaknya.

Seorang ibu harus punya kebiasaan seperti berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, menjaga berat badan yang sehat, hindari mengonsumsi alkohol, dan tidak merokok.

Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Ketika ibu dan anak melakukan kebiasaan sehat ini bersama-sama, maka anak memiliki risiko obesitas 82 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan kebiasaan sehat ini.  

Gaya hidup ibu yang tidak sehat memiliki potensi risiko obesitas pada anaknya. Oleh karena itu wanita hamil harus mengedepankan hidup sehat setidaknya 2 tahun sebelum hamil untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa diturunkan kepada anak-anaknya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini