Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 611 2254467 manfaat-cuka-apel-untuk-kecantikan-kulit-salah-satunya-mengatasi-jerawat-aE1xqago3U.jpg Cuka apel (Foto: Vitagene)

Cuka apel merupakan bahan dapur yang dikenal mampu meningkatkan kecantikan kulit. Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membasmi kuman dan bakteri yang menempel di kulit.

Dengan menggunakan cuka apel, Anda akan merasakan manfaatnya di kulit. Melansir Boldsky pada Kamis (30/7/2020), berikut 4 manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit.

 cuka apel

1. Sebagai penghilang jerawat

Cuka apel merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat membandel. Ini karena cuka apel memiliki sifat anti bakteri. Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan air. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan campuran tersebut dan tempelkan pada jerawat. Tunggu 10 menit dan bilas dengan air. Gunakan obat ini setiap hari untuk hasil yang lebih cepat.

 

2. Untuk mengencangkan kulit

Sifat astringen yang terdapat pada cuka apel dapat membantu mengencangkan kulit. Caranya, cukup buat toner denggan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan air. Tambahkan beberapa minyak esensial lavender ke dalam larutan.

Oleskan toner menggunakan kapas ke wajah. Diamkan selama 3-5 menit. Bilas menggunakan air. Dapatkan kulit yang kencang dan cerah dengan pemakaian teratur.

3. Melawan penuaan kulit

Garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada kulit merupakan salah satu tanda-tanda penuaan kulit. Untuk itu, Anda bisa mengencerkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok makan air.

Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah, diamkan sekitar 5 menit, kemudian bilas dan keringkan. Menggunakan ini setiap hari akan membantu menunda penuaan kulit.

4. Mengobati kulit terbakar

Meskipun berada di bawah sinar matahari merupakan hal yang baik untuk kesehatan, namun jika waktunya tidak tepat dapat mengakibatkan sunburn atau kulit terbakar.

Tak perlu khawatir, Anda juga bisa mengandalkan cuka apel untuk mengobati kulit terbakar. Campurkan 1/2 cangkir cuka apel dengan 4 gelas air.

Baca juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Celupkan waslap yang lembut dan bersih ke dalam larutan ini dan gunakan untuk memijat kulit yang terbakar sinar matahari dengan lembut. Gunakan obat ini setiap hari sampai kulit Anda sembuh.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini