Jangan Terlalu Sering Pakai Gel Rambut, Ini 6 Bahayanya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 611 2254578 jangan-terlalu-sering-pakai-gel-rambut-ini-6-bahayanya-W192Otl0Jh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT memang menjadi salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik seseorang, terutama bagi perempuan. Tidak heran, jika kemudian kaum Hawa menghabiskan uang lebih banyak untuk menata rambut mereka.

Banyak cara membuat rambut terlihat lebih indah, seperti menggunakan catokan, ikat rambut, atau jepit rambut. Sementara untuk pria, biasanya mereka akan menggunakan gel rambut atau pomed untuk menata.

Tapi, gel rambut ternyata memiliki efek samping tertentu yang dapat merusak rambut dalam jangka panjang. Melansir Boldsky, inilah 6 efek samping gel rambut :

Ketombe

Kulit kepala yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut, salah satunya ketombe. Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala kering dan bersisik yang pada akhirnya menyebabkan ketombe.

Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

pakai pomade

Rambut rontok

Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus membuat akar rambut menjadi lemah. Akar yang lemah dapat menyebabkan kerontokan dan menghambat pertumbuhan sehingga merusak rambut. Tidak hanya itu, gel rambut dapat mengeringkan kulit kepala serta membuat rambut kasar dan rapuh.

Rambut patah

Rambut kering, rusak, kasar, dan rapuh sering menyebabkan ujungnya menjadi bercabang. Gel rambut menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan dengan demikian membuat rambut mudah patah.

Mengubah warna

Gel rambut turut memengaruhi warna rambut lantaran mengganggu keseimbangan pH kulit kepala . Selain itu, bahan kimia keras yang terkandung dapat menyebabkan warna rambut alami memudar.

Rambut kering

Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang menghilangkan kelembapan rambut. Dengan begitu rambut mengalami dehidrasi dan kering. Selain itu, menggunakan gel rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bersisik serta membuat rambut kasar dan keriting.

Mengubah tekstur rambut

Penggunaan gel rambut secara ekstensif adalah mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan lama kelamaan ini membuat rambut tak bernyawa dan keriting sehingga berubah tekstur.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini