Sempat Dipecat, Pria Ini Retas Data Perusahaan Bosnya agar Kembali Kerja

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 612 2254522 sempat-dipecat-pria-ini-retas-data-perusahaan-bosnya-agar-kembali-kerja-0kP4b17H9o.jpg Ilustrasi (Foto : Odditycentral)

Seorang ahli perangkat lunak di India ditangkap pekan lalu setelah dilaporkan meretas mantan majikannya. Ia menghapus informasi milik mantan majikannya dengan harapan dapat dipekerjakan kembali.

Spesialis IT, yang diidentifikasi bernama Vikesh Sharma, dulu bekerja sebagai ahli perangkat lunak senior di salah satu perusahaan. Ia dipecat selama masa lockdown karena ada ketidaksepakatan mengenai gajinya.

Alih-alih pindah dan mencari pekerjaan di tempat lain, Sharma diduga mencoba mendapatkan kembali pekerjaan lamanya. Sayangnya cara yang digunakan Sharma sangat tidak biasa.

Peretas

(Foto : Ilustrasi)

Melansir dari Oddity Central, Rabu (29/7/2020) ia berhasil meretas basis data milik mantan majikannya dan menghapus ribuan informasi mengenai pasien. Ia berharap mantan bosnya akan menghubunginya untuk memperbaiki situasi tersebut.

Sayangnya prediksi Sharma itu tidak terjadi. Setelah melihat adanya pelanggaran keamanan, mantan majikan Sharma menghubungi polisi dan mulai melakukan penyelidikan tentang peretasan itu.

Baca Juga : 4 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Kualitasnya Terjaga

IP langsung dilacak dan segera setelah Sharma mencoba menghapus lebih banyak data, pihak berwajib langsung menangkapnya. Ahli perangkat lunak itu ditangkap di Maujpur Lama pada Kamis pekan lalu.

Kepada pihak kepolisian, Sharma mengakui kesalahannya. Menurut pengakuan Sharma, ia meretas ke dalam basis data mantan majikannya dan menghapus 18.000 entri data pasien. Ia memintabinformasi sekira 300.000 pasien dan membuat 22.000 entri palsu.

Semua tindakan tersebut dilakukan dengan harapan bisa dipanggil kembali bekerja di tempat lamanya untuk memperbaiki situasi.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini