Mata Lelah Kebanyakan Ikut Webminar, Coba 7 Gerakan Simple Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 612 2254678 mata-lelah-kebanyakan-ikut-webminar-coba-7-gerakan-simple-ini-fGQKtYyS4m.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEKERJA di depan laptop atau gadget terus menerus pastinya akan membuat mata kita lelah. Padahal, hampir setiap hari kita harus menghadapi gadget untuk menghindari bertatap muka secara langsung.

Tapi, tahukah Anda penglihatan sangat mempengaruhi kinerja Anda. Pasalnya, kinerja otak dapat meningkat hingga 50 persen jika Anda bisa melihat dengan baik.

Oleh karena itu, jangan anggap remeh jika Anda mengalami mata lelah. Sebetulnya ada bermacam-macam gerakan latihan simpel yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelelahan pada mata. Melansir Boldsky, berikut tujuh gerakan latihan simpel untuk mengatasi mata lelah.

Berkedip

Salah satu gerakan latihan yang paling sederhana, sebab berkedip adalah sesuatu yang kita lakukan secara alami setiap waktu. Tetapi orang-orang yang bekerja di depan komputer selama berjam-jam biasanya tidak sadar sudah kurang berkedip. Yuk kedipkan mata! Latihan ini membantu relaksasi otot-otot mata dan juga membantu meningkatkan konsentrasi loh!

mata lelah

Eye press

Tutup mata dan tarik napas panjang. Letakkan jari di setiap kelopak mata dan tekan dengan sangat ringan selama sekitar 10 detik. Lepaskan tekanan selama sekitar 2 detik. Tekan kembali kelopak mata dengan lembut.

Pijat mata

Latihan ini membantu mengurangi ketegangan mata dan mata terasa kering. Untuk latihan ini, pertama kita harus membuat rileks terlebih dahulu bahu. Miringkan kepala sedikit ke belakang dan tutup mata.

Tempatkan telunjuk dan jari tengah dengan lembut di setiap kelopak mata. Gerakkan jari kanan ke arah berlawanan arah jarum jam, sedangkan jari-jari kiri searah jarum jam. Tinggal ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Rub down

Gerakan yang satu ini bahkan bisa dilakukan untuk pemakai lensa kontak, karena tidak mengganggu posisi lensa kontak. Gerakannya, cukup berdiri atau duduk dengan nyaman, lalu gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Tutup mata dan letakkan telapak tangan di atas setiap kelopak mata. Rasakan kehangatan di kelopak mata. Tapi ingat! Tidak perlu ditekan dengan keras ya!

Palming

Duduk dengan nyaman di sebuah kursi, dengan posisi pertahankan siku di atas meja di depan Anda. Lalu dengan masing-masing telapak tangan, tangkupkan mata dengan sedikit menekuk telapak tangan. Tarik dan hembuskan nafas dengan perlahan dan santai. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

Side-to-side

Latihan ini membantu merilekskan otot-otot mata dan juga membantu menghilangkan sensasi terbakar di mata yang lelah. Caranya, cukup posisikan diri senyaman mungkin bisa dengan berdiri atau duduk tegak.

Lihat ke kiri tapi tidak menggerakkan kepala dan fokus pada objek yang bisa dilihat. Kemudian lihat ke kanan dan fokus pada objek yang bisa dilihat, gerakkan mata dari satu sisi ke sisi sebanyak lima kali. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

Yoga kelopak mata

Gerakan yang ini membantu agar kelopak mata bisa lebih rileks. Latihan berbasis yoga ini bermanfaat untuk meredakan ketegangan mata dan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan tersebut.

Pertama, duduk dengan nyaman lalu pijat dengan lembut kelopak mata bagian bawah menggunakan jari manis. Mulailah dengan tepi bagian dalam kelopak mata bawah dan secara bertahap bergerak ke arah luar.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini