Makanan Sehat untuk Keluarga Cukup Dalam 15 Menit, Ibu Bijak Harus Tau Tips ini!

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 12 2255195 makanan-sehat-untuk-keluarga-cukup-dalam-15-menit-ibu-bijak-harus-tau-tips-ini-pDsHpm06kn.jpg Foto : Freepik

Di era “New Normal” ini menjadi seorang ibu adalah suatu tantangan sendiri untuk mengurus anak, membantunya bersiap untuk Belajar Dari Rumah (BDR), merapihkan rumah, hingga memasak. Menyajikan makanan sehat sehari-hari untuk keluarga tidak seharusnya menjadi suatu agenda yang merepotkan dan membutuhkan banyak waktu.

Hasil riset menunjukkan bahwa anak yang makan di rumah bersama keluarga akan memiliki pola makan yang lebih sehat. Selain itu makan bersama keluarga juga dapat menjalin komunikasi antara orangtua dengan anak.

Berikut adalah inspirasi untuk menciptakan makanan sehat dan praktis untuk seluruh anggota keluarga tanpa perlu berlama-lama di dapur yang wajib jadi referensi untuk Ibu-ibu hebat Indonesia.

  • Rencanakan di akhir pekan apa yang akan Anda masak selama seminggu kedepan.
  • Cukup siapkan 3 menu untuk seminggu dan aturlah untuk penyajiannya secara berselang seling
  • Catat kebutuhan belanja Anda; pastikan selalu ada bahan makanan yang bisa diolah di kulkas, seperti telur, pasta, daging irisan tumis atau cincang, susu, dll.
  • Siapkan makanan yang bisa disiapkan terlebih dulu ketika akhir pekan. Contohnya: untuk memasak Spaghetti bolognaise, Anda bisa merebus pasta dalam jumlah banyak dan simpan di kulkas
  • Pilih bahan makanan berkualitas tinggi yang mudah diolah. Contohnya untuk daging pilihlah daging sapi yang empuk alami dan tidak memerlukan waktu lama untuk diolah, seperti True Aussie Beef.

Olahan dari daging sapi seringkali ditinggalkan oleh para ibu karena membutuhkan waktu memasak yang panjang padahal pilihan daging sapi yang tepat akan menghemat waktu memasak. Pilih daging sapi berkualitas, seperti daging sapi Australia yang lembut dan empuk.

Tekstur daging sapi Australia memudahkan ibu menyiapkan hidangan untuk keluarga setiap hari walaupun waktu terbatas di tengah kesibukan yang padat seperti menyiapkan makan pagi untuk anak sebelum sekolah dirumah dimulai. Belum lagi ibu yang bekerja juga harus bersiap-siap pergi bekerja ke kantor atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya jika tidak bekerja.

Daging giling atau daging yang diiris tipis seperti daging sukiyaki juga bisa dipilih ketika waktu memasak tak banyak. Kedua daging ini mudah diolah dalam waktu cepat. Dalam waktu kurang dari 10 menit, True Aussie Beef sudah matang tanpa perlu merebusnya berlama-lama maupun diempukkan terlebih dulu.

Selain itu, True Aussie Beef juga mengandung salah satu nutrisi terpenting untuk perkembangan anak, yaitu Zat Besi. Tahukah Anda? Daging sapi merupakan sumber terkaya Zat Besi. Terlebih lagi, Zat Besi dalam daging sapi diserap lebih baik oleh tubuh kita dibanding Zat Besi bahan lainnya seperti Zat Besi pada tumbuhan (bayam).

Kekurangan Zat Besi pada anak atau orang dewasa menyebabkan anemia, yakni menurunnya kadar HB di dalam darah. Banyak hal dapat terjadi akibat kekurangan hemoglobin di dalam darah. Yang paling sederhana adalah menurunnya semangat beraktifitas karena kurangnya Zat Besi sehingga mengganggu suplai oksigen ke dalam otak.

Jadi, tak heran kalau orang yang menderita anemia menjadi kurang semangat dan lesu. Bayangkan apa yang terjadi pada anak kalau mereka selalu lesu. Yang jelas, akan mengganggu proses belajar.

Satu hal lagi yang harus diingat seorang ibu, Zat Besi ikut berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Saat ”new normal” seperti saat ini tentu saja sangat di butuhkan oleh suami, anak dan tentunya ibu juga untuk tetap menjaga immune tubuh supaya tidak drop di tegah beragam aktivitas yang membutuhkan energi prima. Semua itu bisa didapatnya kalau anggota keluarga selalu sehat sehingga tidak mudah.

Ibu yang bijak, mari menyiapkan hidangan bergizi untuk keluarga. Waktu sempit bukan alasan karena pilihan bahan berkualitas seperti daging sapi Australia dan teknik memasak yang benar bisa membuat Anda dapat menyajikan makanan sehat, lezat dan praktis. Selamat mencoba! CM

(yao)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini