Cable Car akan Permudah Wisatawan Main ke Kawah Ijen

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 406 2254914 cable-car-akan-permudah-wisatawan-main-ke-kawah-ijen-k1SNuWe7ey.jpg Kawah Ijen, Banyuwangi (Foto: Inst Kawah Ijen Indonesia)

Sejak beberapa tahun terakhir, Kawah Ijen menjadi salah satu objek wisata paling diburu wisatawan saat traveling ke Banyuwangi, Jawa Timur. Daya tarik dan pesona alam Kawah Ijen memang tidak terbantahkan lagi.

Selain menyuguhkan panorama alam yang begitu memikat hati, fenoma semburan api biru (blue fire) yang muncul dari Kawah Ijen menjadi primadona tersendiri bagi wisatawan. Bagaimana tidak, Ijen adalah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki Blue Fire selain Islandia.

 Azwar Anas

Melihat respons wisatawan yang begitu besar, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berencana membangun fasilitas cable car menuju objek wisata tersebut. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan wisatawan mencapai puncak Gunung Ijen yang menjadi rumah sang api biru.

Apalagi segmentasi wisata Kawah Ijen berasal dari berbagai kalangan, baik wisatawan domestik, mancanegara, milenial maupun yang sudah lanjut usia.

Nah, pembangunan cable car ini juga sempat disinggung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menghadiri Rakor Penyelesaian Isu Pengembangan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Azwar Anas mengatakan, fasilitas cable car itu nantinya dapat menggaet lebih banyak lagi wisatawan untuk mengunjungi Kawah Ijen. "Ini terutama bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan pendakian."

Pasalnya, untuk sampai ke puncak Gunung Ijen, wisatawan butuh watu normal mendaki kurang lebih 3-4 jam. Namun sampai saat ini, Anas mengungkapkan bahwa pihaknya belum mendapatkan izin untuk merealisasikan pembangunan cable car tersebut.

Baca juga: Kangen Liburan, Pantai Jadi Tujuan Nomor 1 Masyarakat Indonesia

"Prinsip pengembangan pariwisata kami itu mengusung konsep triangle diamond. Salah satunya adalah Kawah Ijen. Tapi kami masih punya PR bersama karena setelah 3 kali ganti menteri (KLHK) izinnya belum turun juga. Jadi jika izin dan investornya dirasa lambat mungkin Pak Menko Marves bisa membantu," terang Anas saat memberikan presentasi di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menanggapi pernyataan Anas, Luhut mengatakan bahwa saat ini proses perizinan cable car di Kawah Ijen sudah berada di meja Menteri LHK Siti Nurbaya.

“Saya sudah telepon Bu Siti barusan, saat ini sedang proses, kita tunggu, semoga tidak lama lagi,” papar Luhut.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Dia berjanji akan mengawal proses perizinan cable car di Taman Wisata Alam Ijen.

"Kami yakin dengan adanya cable car akan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara dan domestik yang datang untuk mengunjungi Kawah Ijen," tuturnya.

Terlepas dari wacana tersebut, saat ini Banyuwangi memang sedang gencar-gencarnya meningkatkan kualitas sektor pariwisata mereka. Dimulai dari mendorong pengembangan homestay di kawasan wisata, menggelar event bertaraf internasional, dan masih banyak lagi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini