Liburan Aman dan Nyaman di Banyuwangi? Jangan Lupa Unduh Aplikasi Banyuwangi Tourism

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 406 2254958 liburan-aman-dan-nyaman-di-banyuwangi-jangan-lupa-unduh-aplikasi-banyuwangi-tourism-OfdVYThmUd.jpg Pantai di Banyuwangi (Foto: Kemenparekraf)

Kabupaten Banyuwangi menjadi satu dari sejumlah daerah yang mulai membuka kembali objek wisata di era adaptasi new normal. Hal ini tentunya dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M Yuniarto Bramuda mengatakan, sampai saat ini sudah ada 12 destinasi, 12 hotel berbintang, serta 564 restoran dan warung makan yang sudah direkomendasikan untuk dibuka.

 pantai

Ke-12 destinasi wisata yang sudah terverifikasi sehat itu antara lain, Bangsring Underwater, Pantai Grand Watu Dodol, Pantai Cacalan, Pantai Boom Marina Park, Taman Gandrung Terakota, Agrowisata Taman Suruh, De Djawatan, Pulau Merah, Pantai Mustika, dan Alas Purwo.

Meskipun demikian, Bram mengimbau kepada seluruh wisatawan yang berencana berlibur ke Banyuwangi untuk selalu mencari informasi terkini melalui aplikasi Banyuwangi Tourism.

Aplikasi tersebut berisikan panduan kesehatan, serta informasi seputar objek wisata, hotel, homestay, dan restoran, yang sudah mendapatkan sertifikasi sehat.

Baca juga: Kangen Liburan, Pantai Jadi Tujuan Nomor 1 Masyarakat Indonesia

"Kalau mau ke Banyuwangi jangan buru-buru memilih tempat sesuai selera kita, bukalah Banyuwangi Tourism. Pilihlah destinasi, hotel, warung atau restoran yang telah sesuai dengan protokol kesehatan," kata Bram saat ditemui di Pendopo Bupati Banyuwangi, Jawa Timur belum lama ini.

Tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi sendiri memang relatif rendah. Jumlah kasus positif corona di Banyuwangi hanya 56 kasus, dengan 44 di antaranya dilaporkan sembuh, dan 2 orang dilaporkan meninggal dunia.

Banyuwangi juga menjadi salah satu dari 3 kabupaten di Jawa Timur yang masuk dalam kategori zona kuning, selain Bondowoso dan Madiun. Namun wisatawan diimbau untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas wisata di era new normal seperti saat ini.

"Kami saat ini sedang melakukan banyak penindakan dan controlling untuk memberikan pemahaman, serta memberikan sanksi kepada mereka (pelaku wisata) yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Jadi meski pun sudah kita pasangkan sticker sehat atau bebas Covid-19, tetap akan kami berikan punishment bila ketahuan melanggar," tegas Bram.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini