Bali Masih Destinasi Favorit Turis Gen Z dan Milenial Australia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 406 2255411 bali-masih-jadi-destinasi-favorit-turis-gen-z-dan-milenial-australia-C1qJ7iuZsj.jpg Turis di Bali (Foto : Businessinsider)

Australia merupakan salah satu pasar pariwisata Indonesia yang sangat potensial. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan asal Negeri Kangguru tersebut merosot tajam.

Guna meningkatkan kembali kepercayaan dan minat mereka, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar acara bertajuk Indonesian Sellers Meeting yang diadakan pada 14-16 Juli 2020.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional (Indonesia, ASEAN, dan Oseania) Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengatakan bahwa pihaknya optimis dapat membangun strategi yang kuat dan bermakna untuk menyambut para wisatawan Australia ke Indonesia.

"Kami tahu bahwa cepat atau lambat, turis Australia akan datang ke Indonesia, tetapi kami sangat berharap semakin cepat semakin baik,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (1/8/2020).

Bali

Lebih lanjut Vinsensius menjelaskan bahwa saat ini tren pariwisata mengalami sedikit pergeseran. Wisatawan generasi muda seperti gen Z dan milenial-lah yang menjadi topik utama dalam acara tersebut.

Disebutkan, gen Z dan milenial cenderung lebih suka berpetualang, dan diprediksikan bahwa mereka akan kembali ke traveling terlebih dahulu. Hal ini akan menjadi tren pariwisata global.

"Selain itu grup kecil juga akan menjadi tren bagi wisatawan internasional untuk bepergian di era new normal," kata Vinsensius.

Hal senada juga disampaikan oleh Morgan Reardon, selaku Editor Lifestyle Urban List. Dia menjelaskan tren perjalanan di era new normal ini akan didominasi wisatawan yang 'hobi berburu konten'.

Baca Juga : Pandemi Covid-19 Buat Anne Avantie Belajar Tinggalkan Pola Hidup Lama

Fakta tersebut ditemui setelah Urban List bersama Nature dan The Lab melakukan Isonation, penyelidikan tiga pod tentang nilai-nilai dan perilaku orang Australia yang berubah selama Covid-19, pada bulan Maret 2020.

Ada 82% orang Australia berpikir mereka tidak akan tinggal di tempat lain saat ini. Kemudian, 51 % mengatakan bahwa rasa kebanggaan mereka sebagai orang Australia telah meningkat selama 3 bulan terakhir, ini merupakan peningkatan dari jenis baru kebanggaan Australia.

"Australia telah menyadari nilai bepergian lebih dekat ke rumah, 3 dari 4 orang lebih cenderung mempertimbangkan berlibur di Australia dibandingkan ketika masa sebelum Covid-19 dan 2 dalam 3 orang berencana untuk melakukan roadtrip / melakukan perjalanan keluar perbatasan yang lebih sering ketika masa sebelum Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, hampir 45%, orang Australia mengatakan bahwa ketika perbatasan dibuka kembali, pernyataan itu selaras dengan perasaan mereka tentang perjalanan saat ini adalah saya siap melakukan perjalanan antar negara tetapi tidak secara internasional. Itu berarti Australia memprioritaskan menjelajahi halaman belakang mereka sendiri, akan tetapi Gen Z memiliki selera terbesar untuk pergi ke luar negeri.

Dalam hal pengeluaran, sebagian besar menjaga pengeluaran liburan mereka konsisten dengan kehidupan mereka sebelum Covid-19. Para audiens sudah berpikir besar, lebih dari setengahnya merencanakan perjalanan pertama mereka selama lebih dari seminggu.

Bali

Sementara untuk akomodasi perjalanan mereka, hampir 45% Gen Z dan millennial adalah penggemar Airbnb. Sekitar 30%, alasan utama bepergian lebih cenderung ingin melihat keluarga mereka. Sementara itu, sekitar 30% Gen Z menginginkan petualangan dan pengalaman.

Berbicara tentang dengan siapa mereka akan bepergian, lebih dari setengah millennial akan bepergian dengan pasangan mereka, sementara Gen Z hampir dapat melakukan perjalanan dengan teman-teman seperti halnya dengan pasangan mereka.

"Untuk pertanyaan paling penting, kemana mereka akan pergi? Bagi orang Australia saat ini adalah Selandia Baru, tetapi Bali juga menjadi topik pembicaraan mereka," tandasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini