Pekan ASI Sedunia, Ini Makanan yang Penting Dikonsumsi Ibu Menyusui

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 481 2255352 pekan-asi-sedunia-ini-makanan-yang-penting-dikonsumsi-ibu-menyusui-T615QWPsUD.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pekan ASI Sedunia diperingati hari ini hingga 7 Agustus. Tidak hanya sebagai perayaan, tetapi diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya memberikan ASI kepada bayi, terutama di 1000 hari kehidupannya.

ASI ekslusif merupakan nutrisi utama untuk bayi yang penting bagi tumbuh kembangnya. Namun, sayangnya tidak semua ibu menyusui memiliki ASI yang lancar, banyak dan berkualitas, sehingga membutuhkan bantuan dengan berbagai macam cara, termasuk mengonsumsi makanan sehat.

Ibu Menyusui

Biasanya, untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI ibu menyusui disarankan mengonsumsi daun katuk. Tapi, ternyata bukan hanya daun katuk saja lho yang dapat membantu memperlancar ASI.

Baca Juga : Pekan ASI Sedunia, Manfaat Istimewa Air Susu Ibu untuk Bayi

Konselor ASI dr Ameetha Drupadi merekomendasikan bahan-bahan alami yang telah diteliti secara ilmiah untuk meningkatkan produksi ASI. Selain daun katuk, ada ikan gabus dan daun torbangun.

“Menurut penelitian, ikan gabus merupakan ikan air tawar yang dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak," ungkapnya saat live streaming ‘Mamsi, Kartini-ku di Rumah Aja’ yang disiarkan Okezone beberapa waktu lalu.

Sementara daun katuk, sambung dr Ameetha, direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI, daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi.

Diteliti lebih lanjut, Direktur Eksekutif Dexa Laboratories of Biomelocular Sciences, dr Raymond R Tjandrawinata, mengatakan, daun katuk juga dapat memberikan peningkatan signifikan dalam menghasilkan hormon prolaktin dan oksitosin loh. "Dua hormon ini berperan penting dalam proses menyusui sehingga dapat meningkatkan produksi ASI,” terang dr. Raymond.

Daun torbangun yang berasal dari Sumatera, mengandung mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Selain itu, steroid dan polifenol dapat meningkatkan aktivitas sel epitel dan metabolisme kelenjar susu, sehingga ASI bisa meningkat 65 persen tanpa mengubah kualitas gizinya.

Daun Torbangun

(Foto Daun Torbangun : indonesianplants)

Kombinasi daun katuk dan daun torbangun mengandung galatonol yang terbukti memiliki efek untuk merangsang produksi ASI. Selain itu ikan gabus juga memiliki manfaat yang penting bagi ibu menyusui.

“Striatin atau kandungan yang ada dalam ekstrak channa striata atau ikan gabus malah bisa meningkatkan hormon proaktin dan oksitosin sehingga produksi ASI bisa meningkat. Tak hanya itu, ini juga mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar,” pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini