5 Makanan yang Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 481 2255528 5-makanan-yang-bantu-tingkatkan-imunitas-tubuh-apa-saja-Kxgh4dHIkW.jpg Ilustrasi makanan sehat (Foto: Shutterstock)

Selain mengonsumsi buah-buahan, sebenarnya ada jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Memiliki imunitas tubuh yang kuat dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Terlebih di saat pandemi Covid-19, Anda diminta untuk menjaga imunitas tubuh. Seiring dengan menjalankan protokol kesehatan saat bepergian keluar rumah.

Nah, kira-kira makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh? Melansir Medical News Today, Minggu (2/8/2020), berikut makanan yang bisa tingkatkan imunitas:

Baca juga: Intip Potret Cantik Nia Ramadhani saat Menunggang Kuda

1. Brokoli

Brokoli 

Brokoli merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin C. Sayuran ini mengandung antioksidan yang kuat seperti sulforaphane. Karenanya, sayuran ini merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Ubi jalar

Ubi Jalar 

Ubi jalar kaya akan beta karoten. Ini merupakan sejenis antioksidan yang dapat membuat kulit mereka berwarna oranye. Beta karoten adalah sumber vitamin A yang dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat serta memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

3. Bayam

 Bayam

Bayam juga merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, flavonoid, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu pada orang sehat.

4. Dark chocolate

dark chocolate 

Dark chocolate mengandung antioksidan yang disebut theobromine yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat berkontribusi pada penyakit.

Terlepas dari potensi manfaatnya, dark chocolate memiliki kalori dan lemak jenuh yang tinggi sehingga penting untuk memakannya dalam jumlah yang pas.

5. Bawang putih

Bawang putih 

Selain menggunakannya sebagai bumbu, bawang putih juga sering dijadikan obat rumahan untuk mencegah pilek dan penyakit lainnya. Ini karena bawang putih mengandung allicin yang dapat mengurangi risiko masuk angin.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini