Rajin Makan Daging Merah Usai Idul Adha, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Anabel Lerric, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 298 2255681 rajin-makan-daging-merah-usai-idul-adha-ini-4-loh-manfaatnya-OzJGCdL9sV.jpg Ilustrasi. (Freepik)

MASIH ada stok daging kurban di kulkas? Saatnya kamu rajin mengolahnya menjadi masakan enak, karena manfaat daging merah sangat baik untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat daging merah tersebut, ada banyak ide memasak daging yang enak. Dari mulai sop sapi, soto daging, hingga tengkleng sapi yang lezat.

Tak perlu khawatir jika mengonsumsi daging merah, karena daging merah tak mendatangkan risiko penyakit jantung dan kanker. Justru daging merah juga memiliki manfaat yang baik jika tanpa lemak.

Kamu harus tahu 4 manfaat daging sapi selengkapnya, dilansir Okezone dari Live Strong.

Baca Juga: Intip Potret Cantik Nia Ramadhani saat Menunggang Kuda

1. Sumber protein

daging

Daging merah pada sapi yang diberi makan rumput, adalah sumber protein yang sangat baik. Untuk satu porsi 4 ons steak daging sapi tanpa lemak terdapat sekitar 26 gram protein, yang merupakan lebih dari setengah gram protein yang paling dibutuhkan dalam sehari.

Tak hanya itu, daging merah juga menghasilkan protein yang lengkap. Protein yang lengkap mengadung 9 asam amino esensial - blok bangunan protein yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi dasar tubuh.

 

2. Terdapat zat besi

 

Daging merah tanpa lemak terdapat jumlah zat besi yang baik, tergantung pada potongan dagingnya. Misalnya, pada 4 ons daging sapi giling terdapat 2,7 miligram zat besi. Daging merah tanpa lemak juga mengandung zat besi yang lebih mudah diserap daripada zat besi dalam makanan nabati.

3. Mengandung seng

Manfaat lain yang terdapat dalam daging merah tanpa lemak adalah pasokan seng yang baik. Tubuh membutuhkan seng dari makanan untuk membantu membangun massa otot, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu mempromosikan otak yang sehat. Satu porsi steak sirloin 3 ons, bisa menghasilkan sekitar 4,89 miligram seng.

4. Mengandung vitamin B

Daging merah juga mengadung niacin (vitamin B3). Vitamin B yang mendukung pencernaan yang baik serta riboflavin, vitamin B mempromosikan kulit dan mata yang sehat dan mengubah makanan menjadi energi.

Meskipun daging merah memiliki banyak manfaat kesehatan, sering kali tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

Saat Anda makan daging merah, perhatikan ukuran porsi yang disarankan: Satu porsi tiga ons adalah seukuran telapak tangan Anda. Batasi asupan Anda hingga tiga atau lebih sedikit porsi setiap minggu.

Tapi tidak semua daging merah diciptakan sama. Sebagian daging diproses dengan teknik memasak khusus atau bahan tambahan kimia untuk menjaga rasa. Anda dapat mengurangi asupan lemak jenuh dengan memilih daging tanpa lemak.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini