Masih Ada Stok Daging Kambing? Intip Bumbu Tengkleng Juga Resepnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 298 2255694 masih-ada-stok-daging-kambing-intip-bumbu-tengkleng-juga-resepnya-DoezfZYqju.jpg Tengkleng kambing. (Foto: Instagram/@amandawati)

BUNDA, masih punya stok daging kambing dan iganya yang berlimpah dan bingung mau dimasak apa? Bikin tengkleng kambing yuk!

Kuliner legendaris khas Kota Solo, Jawa Tengah dari daging kambing ini memiliki cita rasa yang unik dan pastinya bisa bikin Anda ketagihan. Banyak yang mengira bahwa tengkleng sama dengan olahan gulai kambing kebanyakan.

Tapi jangan salah, olahan daging kambing yang satu ini justru terletak pada bumbu dasarnya yang diolah tanpa campuran santan. Nah, di antara bumbu yang digunakan dalam proses pembuatan tengkleng, kunyit menjadi bumbu yang paling penting.

Baca Juga: Rajin Makan Daging Merah usai Idul Adha, Ini 4 Loh Manfaatnya

Karenanya, bahan dasar masakan ini menggunakan bagian tubuh kambing dan kunyit, sangat berguna untuk menghilangkan bau tak sedap dari bagian daging kambing.

Daripada penasaran, yuk simak langsung resep tengkleng kambing lengkap dengan proses pembuatan bumbunya. Seperti dikutip Okezone dari akun Instagram @resepmasakaanrumah, Minggu (2/8/2020).

daging

 

Tengkleng Kambing

 

Bahan:

1 kg daging kambing dengan tulangnya (bagian iga)

2,5 liter air (sesuai selera)

3 sdm santan Bubuk

½ sdt penyedap rasa

Bumbu halus:

8 siung bawang merah

8 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdm ketumbar

2 cm kunyit

2 cm lengkuas

2 cm jahe

1 sdm jinten

1 sdm merica

2 sdm air asam

1sdt garam

½ sdt gula pasir

1 sdm gula jawa

bumbu utuh:

2 batang serai

2 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

15 cabe rawit

2 buah tomat

Secukupnya kecap manis

Cara membuat:

1. Didihkan air. masukkan daging kambing tanpa di cuci terlebih dahulu. Rebus selama 3-5 menit. Angkat dagingnya dan buang airnya;

2. Haluskan bumbu halus. Kemudian tumis beserta bumbu utuh sampai matang;

3. Masukkan daging kambing, aduk rata. Kemudian tambahkan air mendidih 2 liter, kecilkan api sampai daging matang. Cicipi jika sudah pas matikan api. Selama memasak sebaiknya pakai api kecil sedang agar bumbu meresap sempurna dan daging empuk;

4. Penambahan santan, gula jawa, gula pasir dan air asam kira-kira ½ jam sebelum matang. Penambahan gula pasir sedikit saja karena hanya untuk memunculkan rasa sedap ketika bepadu dengan garam;

5.Jika ingin menyajikan tengkeng yang segar dan sesuai selera. Ambil sebagian tengkleng yang sudah matang, kemudian tumis irisan cabe, lada bubuk dan bawang putih secukupnya sampai matang. Masukkan tengklengnya, irisan tomat dan bawang merah goreng. masak sampai matang (sebentar saja asal bumbu layu);

6. Tes rasa jika sudah pas matikan api dan sajikan. makan selagi masih hangat.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini