Trik Mencuci Baju Cepat Tanpa Deterjen

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 194 2255893 trik-mencuci-baju-cepat-tanpa-deterjen-61FtSUpEvY.jpg Ilustrasi. (Foto: Moneycrasher)

DETERJEN selalu diandalkan setiap orang saat mencuci baju. Tapi tanpa detergen kamu bisa mencuci baju lebih bersih dan cepat loh.

Selain itu, mencuci baju tanpa deterjen lama-lama bisa merusak pakaianmu. Karena deterjen mengandung bahan kimia tidak sehat, sehingga merusak elastisitas pakaian kesayanganmu.

Lalu apa ya bahan pengganti deterjen saat kamu ingin mencuci baju? Dilansir dari Shared, Senin (3/8/2020), ternyata cuka dapat dimanfaatkan untuk mencuci baju tanpa deterhen.

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

baju

Ya, bukan hanya penting bagi kebutuhan dapur saja, cuka sangat efektif untuk masalah kebersihan pakaian. Sebab cuka mengandung asam asetat yang dapat membersihkan noda pakaian kamu.

Asam cuka juga bisa menghasilkan, mencerahkan pakaian, kesegaran, menghilangkan bau, bekas noda terutama kerah baju, mengurangi serat dan bulu hewan yang menempel.

Buatlah deterjen murah ini sendiri di rumah dan ikuti beberapa tips berikut untuk menghemat waktu saat mencuci pakaian. Caranya adalah siapkan beberapa jenis bahan, 4 gelas air hangat, 1,5 cangkir cuka, 10 tetes minyak esensial lavender dan botol bersih.

Cukup campurkan cuka, minyak lavender dan air hangat ke dalam botol, kocok sampai semua bahan tercampur. Kemudian tuangkan pada mesin cuci yang sudah berisi pakaian kotor, silahkan lakukan seperti biasa saat kamu mencuci pakaian.

Jika noda pada baju sangat pekat, semprotkan cuka ke arah yang terdapat nodanya saja, diamkan selama 10 menit agar lebih meresap. Nah, langkah berikutnya barulah masukan ke dalam mesin cuci untuk dibersihkan secara keseluruhan.

Deterjen cuka ini juga bisa kamu gunakan untuk mencuci piring dan alat dapur lainnya. Menghilangkan lemak, bau, membersihkan kotoran di sela-sela yang tidak terlihat hingga menghasilkan kesat seperti baru.

Gunakan juga cara ini agar pakaian cepat kering, masukan beberapa butir es batu ke dalam mesin pengering. Karena udara panas yang dikeluarkan pada saat mesin itu bekerja, membuat es batu menjadi uap, hingga mempercepat proses pengeringan.

Gimana, menggunakan cuka ini menjadi ide menarik cuci pakaian tanpa deterjen berbahan kimia kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini