APD Covid-19 Melenggang di Panggung Fashion Show Virtual, Keren Ya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 194 2256032 apd-covid-19-melenggang-di-panggung-fashion-show-virtual-keren-ya-MNbofvHS1i.jpg Baju APD melenggang di catwalk. (Foto: Sonjo)

APA yang ada di benak Anda ketika melihat para tenaga kesehatan pakai APD lenggak-lenggok di atas catwalk? Hal yang menarik, bukan? Begitulah yang dilakukan sekelompok pekerja seni di Yogyakarta yang menggelar fashion show virtual.

Ya, SINOJO (Sambatan Jogja) yang menginisiasi acara tersebut. Sejumlah tenaga kesehatan mereka sulap menjadi model profesional untuk berlenggak-lenggok di atas runway. Fashion show virtual ini digelar bareng GM Porduction dan ID Photobook.

Diterangkan Rimawan Ppradiptyo, PhD, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, FEB, Universitas Gadjah Mada, sekaligus inisiator SONJO, fashion show virtual itu dilangsung sebagai bentuk terima kasih masyarakat pada tenaga kesehatan yang berjuang melawan virus corona.

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

apd

"Acara ini merupakan bagian dari program SONJO Migunani yang salah satu tujuannya adalah untuk mengucap terima kasih pada para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam perang melawan Covid-19," terangnya melalui pesan tertulis yang diterima Okezone, Senin (3/8/2020).

Rimawan menambahkan, fashion show bertajuk Pameran Busana Virtual APD Karya Anak Bangsa itu pun memiliki tujuan untuk menggerakkan roda perekonomian, terutama produksi APD di Yogyakarta. Menurutnya, seluruh APD yang dipamerkan adalah produksi dari usaha mikro dan kecil (UMK) di Yogyakarta.

Seperti dijelaskan di awal, fashion show virtual ini bukan hanya menampilkan koleksi APD karya anak bangsa, tetapi para model yang memeragakan APD adalah para tenaga medis. "Mereka itu tenaga medis dari RS Dr Sardjito," sambungnya.

Terkait dengan harapan dari adanya fashion show unik ini, Rimawan menyatakan pihaknya berharap dapat memperkokoh Yogyakarta sebagai pusat produksi dan inovasi alat-alat kesehatan di Indonesia. Selain itu, tentu demi pergerakan roda ekonomi di Yogyakarta.

"Pameran busana virtual APD ini diharapkan mampu menggairahkan roda perekonomian di Yogyakarta dengan tetap mematuhi protokol Covid-19. Kami juga siap berkolaborasi dengan para pihak untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dengan tetap mematuhi protokol Covid-19," ungkapnya.

Dia menambahkan, keyakinan itu muncul karena sesuai hastag SONJO yaitu #OraAnaSingKeri dan #OraKeri. "Dari dua hastag itu, kami berharap semoga keberadaan SONJO mampu membantu seluruh warga Yogyakarta dalam menghadapi masa-masa sulit selama pandemi ini," pungkasnya.

SONJO atau Sambatan Jogja adalah gerakan kemanusiaan yang fokus pada upaya membantu kelompok masyarakat rentan dan berisiko terhadap dampak Covid-19 di Yogyakarta. Gerakan informal ini terbentuk pada 24 Maret 2020 dimulai dengan 1 WAG dan kemudian berkembang menjadi 9 WAG dengan sekitar 600-an orang lebih anggota dari berbagai profesi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini