5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah untuk Sambut Bayi Baru Lahir

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 196 2256114 5-tips-menjaga-kebersihan-rumah-untuk-sambut-bayi-baru-lahir-fxm1dRSbdl.jpg Bayi baru lahir (Foto: First Cry Parenting)

Sedang menantikan kelahiran bayi Anda? Sudahkah Anda mempersiapkan kebutuhannya seperti baju, alat makan, dan kamar tidurnya. Nah, jangan lupa Anda juga harus memperhatikan kebersihan rumah juga agar bayi terhindar dari kuman.

Kekebalan tubuh bayi sangat lemah hingga gampang terserang penyakit, apalagi di tengah pandemi Covid-19, maka kebersihan tempat tinggal adalah hal yang harus sangat Anda perhatikan untuk menyambut bayi yang baru lahir.

Ini 5 tips menjaga kebersihan rumah untuk menyambut kedatangan bayi yang baru lahir seperti dilansir dari Boldsky.

 dapur

1. Bersihkan daerah inti rumah

Gunakan desinfektan untuk membersihkan lantai, dapur, kamar mandi dan meja dapur. Ini harus dibersihan agar bebas dari kuman dan aman buat bayi.

2. Tinggalkan sepatu Anda di luar

Membawa sepatu Anda ke dalam rumah akan membawa banyak sekali bakteri yang menyebar ke dalam rumah. Maka tinggalkan sepatu di luar rumah. Saat tamu berkunjung, minta mereka meletakan sepatu diluar agar lantai terlindungi dari kuman.

 

3. Biarkan jendela Anda terbuka

Membuka jendela kamar membuat sirkulasi udaranya menjadi bersih. Ini sangat penting untuk bayi. Dalam penelitian menunjukan bayi lebih nyaman ketika memiliki kamar tidur yang berventilasi. Anda juga bisa gunakan kipas angin agar tidak panas.

4. Bersihkan permukaan dapur

Setiap hari bersihkan permukaan dapur dan cuci dengan desinfektan. Selain itu, gunakan desinfektan setelah Anda menyiapkan ikan mentah, unggas, atau daging untuk mencegah penyebaran bakteri. Membersihkan lantai dapur dengan kain pel atau pembersih adalah hal yang paling penting.

 Baca juga: Tak Cuma Keriput, Ini 5 Tanda jika Usia Semakin Menua

5. Jaga kebersihan kamar mandi Anda

Kamar mandi adalah salah satu area yang paling banyak mengandung kuman di rumah. Jadi bersihkan atau disinfeksi setiap sudut kamar mandi. Selalu gunakan sandal setiap kali Anda menggunakan kamar mandi. Agar Anda tidak menghantarkan kuman ke bayi Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini