9 Jeroan Sapi Sering Dianggap Pemicu Kolesterol Ternyata Kaya Manfaat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 481 2255907 9-jeroan-sapi-sering-dianggap-pemicu-kolesterol-ternyata-kaya-manfaat-PCmYHDPnLw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JEROAN sapi jadi salah satu bahan makanan yang paling dihindari banyak orang. Tapi kamu tahu enggak, kalau jeroan hewan punya segudang manfaat untuk kesehatan loh.

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa jeroan sapi kaya akan vitamin dan mineral. Hati sapi misalnya, ini sangat kaya akan protein, vitamin A, vitamin B12, asam folat, zat besi, zink, dan kromium.

Bukan itu saja, masih ada sisi lain dari jeroan sapi yang bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir Okezone dari Boldsky, berikut uraian manfaatnya.

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

Hati

hati sapi

Hati sapi adalah organ paling bernutrisi dan sehat dari daging. Seperti disebutkan di atas, kandungan dari hati bagus salah satunya untuk meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia.

Otak

Otak adalah bagian yang menjadi sumber omega 3 tertinggi. Otak juga mengandung nutrisi kuat seperti fosfatidilkolin dan fosfatidilserin yang baik untuk saraf. Bagian ini juga kaya dengan kandungan antioksidan yang mampu melindungi otak dan sistem tulang belakang dari kerusakan.

Jantung

Jantung kaya akan folat, zat besi, zink, selenium, vitamin B2, B6, dan B12. Jantung hewan membantu produksi energi di tubuh karena ini adalah sumber CoQ10 terbaik bagi tubuh Anda.

Lidah

Bagian ini 70 persennya mengandung asam lemak dan kalori, serta sejumlah nutrisi seperti jeroan lainnya. Lidah sapi misalnya baik untuk penyembuhan setelah sakit dan wanita mengandung.

Ginjal

Bagian ini juga kaya akan protein. Ginjal sapi mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki kandungan antiperadangan yang baik untuk jantung.

Limpa

 

Limpa yang biasa dijadikan olahan masakan khas Minang ini kaya akan zink, selenimum, omega 3 serta tinggi protein. Zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk fungsi hormonal dan imunitas.

Pankreas

Sama seperti limpa, pankreas sapi juga kaya omega 3 dan protein. Enggak rugi deh kalau makan bagian pankreas sapi asal porsinya dibatasi ya.

Babat

babat sapi

Babat berarti lapisan perut baik kambing, domba, dan sapi. Tahu enggak, selama ini babat adalah bagian jeroan sapi yang kerap dianggap salah satu pemicu kolesterol, ternyata kaya gelatin dan probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Usus sapi

 

Usus sapi memgandung sumber gelatin dan glutamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan perforasi (lubang) usus. Enggak nyangka kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini