Tak Cuma Keriput, Ini 5 Tanda jika Usia Semakin Menua

Anabel Lerric, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 481 2255955 tak-cuma-keriput-ini-5-tanda-jika-usia-semakin-menua-mPP7it3HT6.jpg Ilustrasi. (Boldsky)

SEIRING bertambahnya usia seseorang, tubuh mengalami berbagai perubahan. Perubahan ini terlihat pada kulit yang tak cuma keriput di tangan dan wajah.

Karenanya, saat usia semakin menua Anda harus memenuhi asupan gizi harian. Jangan abaikan hal ini karena semakin tua Anda harus semakin hidup sehat.

Sementara itu, jika usia Anda sudah menua akan mengurangi fungsi kekuatan tangan, terutama setelah usia 65 tahun. Perubahan yang berkaitan dengan usia seperti bintik-bintik penuaan, kulit kering, keriput dan lainnya yang paling sering terlihat.

Lebih lanjut, berikut lima tanda yang terlihat saat usia semakin menua, dilansir Okezone dari Boldsky, Senin (3/8/2020).

Kekuatan pegangan

penuaan

Pada umumnya, setelah usia 65 tahun kekuatan untuk menggenggam mulai melemah dan itu mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya seperti osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Juga, ada otot ekstrinsik dan intrinsik di tangan yang bertanggung jawab untuk menghasilkan kekuatan yang diperlukan untuk mencengkeram benda. Penuaan mempengaruhi fungsi otot-otot ini, sehingga menyebabkan kekuatan genggaman yang lebih lemah.

Baca Juga: Tips Cantik, Kunyit Ampuh untuk Hilangkan Jerawat Loh

Untuk meningkatkan kekuatan genggaman, Anda dapat melakukan beberapa latihan yang dapat membantu menguji kekuatan di tangan Anda.

Keriput

Tangan adalah salah satu area pertama yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas karena produksi kolagen melambat seiring waktu dan kulit cenderung menjadi lebih tipis dan kering. Saat kulit Anda tidak memiliki kelembaban dan elastisitas yang cukup, kerutan muncul.

Kerutan tidak bisa diobati tetapi bisa ditunda dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, banyak minum air putih, dan menggunakan krim tangan pelembab.

Osteoartritis tangan

Osteoartritis tangan adalah kondisi umum dan serius yang menyebabkan rasa sakit dan membatasi pergerakan sendi yang terkena. Ini meningkat seiring bertambahnya usia seseorang dan mempengaruhi wanita. Analgesik dan obat antiinflamasi nonsteroid dapat membantu meringankan gejala osteoartritis.

Tremor

Prevalensi tremor tangan meningkat seiring bertambahnya usia, namun, itu juga dapat mempengaruhi orang muda. Getaran aksi terjadi selama gerakan tangan dan getaran saat istirahat terjadi ketika tangan Anda dalam keadaan diam. Getaran tangan juga dapat terjadi karena stres, memiliki terlalu banyak kafein, kadar gula darah rendah, stroke atau penyakit Parkinson. Pengobatan dan terapi fisik dapat membantu mengobati tremor tangan.

Muncul bintik-bintik penuaan

Bintik-bintik penuaan adalah area kecil dan gelap pada kulit yang biasanya muncul di area yang terkena sinar matahari seperti tangan, wajah, lengan, dan bahu. Mereka sangat umum pada orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun, tetapi orang yang lebih muda juga dapat mengembangkan bintik-bintik usia karena paparan sinar matahari yang ekstrem. Obat-obatan, kulit kimia, dan mikrodermabrasi dapat membantu mengobatinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini