5 Asupan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Anabel Lerric, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 481 2256081 5-asupan-yang-harus-dihindari-ibu-hamil-TxUx9SueZl.jpg Ibu hamil (Foto: Mom)

Pada saat ibu sedang hamil, pastinya seorang ibu harus ekstra hati-hati terhadap makanan yang dikonsumsinya. Sebab apapun yang dikonsumsi selama kehamilan akan memengaruhi bayi dalam kandungan.

Menurut penelitian, asupan mikronutrien yang cukup selama kehamilan dapat membantu dalam mencegah hal-hal yang merugikan bagi kehamilan. Meskipun ada banyak makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, namun ada juga makanan tertentu yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Seperti dilansir Okezone, dari Boldsky, berikut 5 hal yang harus dihindari saat ibu hamil.

 kopi

1. Kafein

Kafein ditemukan dalam jumlah yang bervariasi dalam teh, kopi, coklat dan minuman soda. Ketika dikonsumsi selama kehamilan, kafein cenderung bertahan lebih lama di dalam tubuh karena aktivitas enzim hati yang menurun.

Peningkatan serotonin, adrenalin, dan dopamin yang diinduksi kafein mengganggu aliran darah dalam plasenta dan juga menghambat dukungan nutrisi transplasenta ke janin. Oleh karena itu sebaiknya kafein jangan dikonsumsi selama masa kehamilan.

2. Alkohol

Paparan alkohol memiliki efek buruk pada perkembangan otak janin. Efek buruk alkohol bertahan selama kehamilan. Oleh karena itu calon ibu jangan mabuk-mabukkan minum alkohol ya!

Baca juga: Tak Cuma Keriput, Ini 5 Tanda jika Usia Semakin Menua

3. Kecambah mentah

Kecambah mentah ada di antara daftar zat berbahaya untuk dikonsumsi selama kehamilan. Lingkungan lembab yang dibutuhkan untuk tumbuh kecambah mentah juga merupakan lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan Salmonella. Sesuai pedoman yang dikeluarkan oleh Health Canada dan Public Health Agency of Canada, hal-hal yang harus dihindari oleh wanita hamil dalam makanan mereka termasuk kecambah mentah, telur mentah, produk yang tidak dipasteurisasi, dan ikan dan daging yang kurang matang.

Untuk itu, para ibu hamil, sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang mentah untuk menghindari makanan yang umumnya terkait dengan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

4. Produk makanan yang tidak dipasteurisasi

Konsumsi produk makanan yang tidak dipasteurisasi selama kehamilan dapat berbahaya baik bagi ibu maupun janin dalam kandungannya. Susu yang tidak dipasteurisasi, jus buah, dan keju rentan terhadap kontaminasi bakteri yang dapat terjadi pada saat pengumpulan atau selama penyimpanan.

Susu mentah dan produk susu mentah adalah sumber infeksi bakteri yang dapat dikaitkan dengan berbagai patogen ganas, seperti E. coli, Salmonella, Listeria dll. Infeksi bakteri pada ibu selama kehamilan dapat memiliki konsekuensi serius dan bahkan mengancam jiwa bagi janinnya.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji tidak baik bagi wanita selama kehamilan. Pilihan nutrisi ibu selama kehamilan akan menentukan hasil pada anaknya. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya makan makanan bergizi dan sehat, hindari makanan cepat saji yang banyak minyak dan kurang bergizi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini